-->

Tips Meningkatkan Performa Laptop #1 - Mengganti Hard Disk Dengan Ssd

 Hay guys kembali lagi pada pembahasan menarik di blog ini Tips Meningkatkan Performa Laptop #1 - Mengganti Hard Disk dengan SSD

Hay guys kembali lagi pada pembahasan menarik di blog ini. Kali ini rencananya kami akan membahas mengenai tips meningkatkan performa laptop. Rencananya pembahasan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap satu artikel akan membahas satu tips meningkatkan performa laptop saja. Hal ini ditujukan supaya teman-teman sanggup lebih memahami setiap tahapannya. Dengan membagi menjadi beberapa belahan dibutuhkan juga tips nya sanggup hingga kepada teman-teman  dan sanggup pribadi dipraktekkan. Intinya biar lebih fokus saja.

Performa yang baik dan tidak ngelag tentunya menjadi impian banyak orang. Lalu bagaimana jikalau kita tidak mendapat performa sesuai dengan keinginan? Ada beberapa hal yang harus dilakukan mulai dari upgrade hardware dan perbaiki sistem.

Performa yang baik tentunya akan tiba dari komponen-komponen yang bagus. Satu kesatuan dari komponen-komponen yang anggun akan menciptakan kinerja laptop menjadi semakin gesit dan sanggup diandalkan.

Laptop tersusun dari hardware-hardware yang saling berkaitan satu sama lain. Misalnya motherboard, VGA, RAM, sound card, hard disk, DVD-Room, power supply, SSD, casing dan lain-lain. Semua hardware ini saling terhubung di papan induk (Motherboard) kemudian sanggup bekerja dengan adanya daya listrik yang dialirkan dari power supply dan sanggup dioperasikan dengan derma sistem operasi.

Jika Anda tidak pernah puas terhadap performa laptop maka itu masuk akal terjadi, namanya juga insan tidak akan pernah merasa puas. Jika Anda terlalu mengikuti perkembangan teknologi maka tidak akan ada habisnya. Kalau punya uang banyak sih silahkan-silahkan saja untuk mengikuti perkembangan zaman.

Jika Anda mendapati performa laptop yang menurun maka jangan terburu-buru untuk mengganti dengan yang baru. Kami mempunyai beberapa tips bagaimana meningkatkan performa laptop. Pada tips yang pertama ini kita akan membahas mengenai mengganti hard disk dengan SSD supaya performa laptop semakin meningkat.

Hard Disk Drive atau yang lebih sering disebut dengan HDD merupakan media penyimpanan data digital. Data yang tersimpan pada hard disk tidak akan hilang meskipun laptop dimatikan. Sama halnya dengan hard disk, Solid State Drive (SSD) juga merupakan media penyimpanan data digital yang banyak memakai teknologi terbaru. SSD memakai flash memory berbasis NAND yang sersifat Non-Volatile. Non-Volatile berarti memori tersebut tetap sanggup menyimpan data meskipun dalam keadaan sedang tidak bekerja alias mati. Terus apakah ada perbedaan antara HDD dan SSD? Tentu saja ada berbagai perbedaan antara kedua media penyimpanan ini.

Lalu kenapa harus mengganti hard disk dengan SSD? Karena SSD mempunyai kinerja yang lebih cepat dibandingkan hard disk dan kinerja yang cepat inilah nantinya akan menciptakan performa laptop semakin meningkat. Cuman itu saja alasannya? Masih banyak alasan lainnya yang akan kita bahas secara tuntas. Berikut alasan lainnya kenapa harus mengganti hard disk dengan SSD.

Alasan Kenapa Harus Mengganti Hard Disk dengan SSD


1. Performa SSD Jauh Lebih Baik Daripada Hard Disk

Tidak heran lagi jikalau SSD mempunyai performa yang lebih baik daripada hard disk. Dengan memakai SSD maka semua proses pada laptop akan menjadi lebih cepat. Misalnya proses booting, transfer file, pencarian file dan ketika hendak membuka aplikasi berat sekalipun. SSD unggul segalanya daripada HDD kalau soal performa dan inilah salah satu alasan utama kenapa Anda harus segera mengganti HDD dengan SSD.

2. Tidak Menimbulkan Suara yang Bising

SSD tidak mengeluarkan bunyi sedikitpun ketika bekerja sebab komponen-komponen di dalamnya hanya berisi sekumpulan memori. Berbeda dengan HDD yang akan menimbulkan bunyi ketika bekerja sebab komponen di dalamnya masih memakai piringan.

3. SSD Lebih Hemat Daya Listrik

Meskipun besarnya daya yang dipakai tidak begitu terasa namun yang terang SSD lebih ekonomis daya dibandingkan HDD. Setidaknya dengan memakai SSD sanggup menghemat beberapa % daya baterai.

4. SSD Lebih Tahan Terhadap Guncangan

Komponen-komponen di dalam HDD sangat sensitif terhadap guncangan. Komponen HDD ini bekerja dengan cara berputar secara terus menerus dan jikalau terjadi guncangan atau misalkan terbanting maka sanggup mengganggu komponen di dalam HDD. Berbanding terbalik dengan HDD, pada SSD tidak ada gerakan sama sekali ketika sedang bekerja. Karena itulah SSD menjadi lebih tahan terhadap guncangan. Gampangnya begini, jikalau HDD dan SSD mengalami guncangan, maka kemungkinan SSD rusak itu sangat tipis sedangkan HDD sanggup saja pribadi mengalami kerusakan.


5. SSD Lebih Ringan

Karena komponennya hanya berisikan memori, SSD menjadi lebih ringan dan enteng. HDD lebih berat sebab komponen di dalamnya berupa piringan. Perangkat yang ringan akan menjadi dambaan banyak orang. Selain tidak berat jikalau dibawa kemana-mana, berat laptop juga akan berkurang jikalau memakai SSD sebagai media penyimpanan data.
 Hay guys kembali lagi pada pembahasan menarik di blog ini Tips Meningkatkan Performa Laptop #1 - Mengganti Hard Disk dengan SSD
Komponen dalam SSD dan HDD

Namun ketika ini SSD masih terkendala pada harga yang lebih mahal. SSD 120GB dijual dengan harga 700 ribuan. Jika uang 700 ribu dipakai untuk membeli HDD maka akan mendapat yang berkapasitas 1TB. Seberapa jauh perbandingan itu? Sangat jauh sekali pastinya. Inilah yang menciptakan orang enggan memakai SSD. Toh sama-sama media penyimpanan data, mending HDD aja yang lebih murah. Faktanya memang benar begitu adanya. Namun jikalau ingin meningkatkan performa laptop maka sudah saatnya berpindah memakai SSD.

Kalau Anda seorang gamers maka wajib untuk mencoba memakai SSD supaya mendapat performa game yang luar biasa dan anti lag. Selain itu bagi yang sering mengedit video pastinya akan membutuhkan performa laptop yang tidak ngelag supaya aktivitas editing sanggup berjalan lebih maksimal. Mungkin memakai SSD ialah salah solusi yang perlu dicoba.

SSD memang mempunyai harga yang mahal. Tetapi percayalah dibalik harga yang mahal akan ada kualitas yang terbaik. Karena katanya harga tidak akan pernah bohong.

 Hay guys kembali lagi pada pembahasan menarik di blog ini Tips Meningkatkan Performa Laptop #1 - Mengganti Hard Disk dengan SSD

SSD untuk laptop mempunyai ukuran yang sama dengan SSD yaitu 2.5 inch. Makara jikalau Anda ingin mengganti memakai SSD, maka tinggal di pasang saja. Jangan memikirkan kalau ganti SSD ntar masangnya dimana ya? Sejatinya SSD hampir sama dengan HDD sebab bertipe SATA. Makara slot atau kawasan menancapkan HDD dan SSD sama saja dan ukurannya juga sama-sama 2.5 inch.

Bahkan HDD dan SSD sanggup dipakai bersamaan dalam 1 perangkat loh guys. Biasanya SSD akan dijadikan sebagai primary storage supaya sanggup mendapat performa yang gesit dan anti lag. Sedangkan HDD dijadikan sebagai secondary storage yang berfungsi sebagai kawasan media penyimpanan uatama data sebab mempunyai kapasitas yang besar. Makara Anda sanggup memakai SSD dengan kapasitas yang kecil saja misalkan 120GB atau 256GB. SSD dipakai hanya untuk meningkatkan performa tidak untuk kawasan menyimpan data. Hal ini mungkin tidak sanggup diterapkan pada laptop jenis usang yang hanya sanggup memakai 1 media penyimpanan data saja. Penggunaan SSD dan HDD secara bersamaan telah diterapan pada laptop terbaru dan laptop gaming. Jika pada komputer tentunya akan selalu sanggup memakai lebih dari 1 media penyimpanan.

Anda sanggup menerapkan penggunaan 2 media penyimpanan data untuk menghemat biaya. Menggunakan SSD kapasitas kecil sebagai primary storage dan memakai HDD kapasitas besar sebagai secondary storage. Kami rasa ini akan lebih terjangkau hanya saja tidak semua laptop sanggup menerapkan hal ini.

Dizaman yang terus berkembang ketika ini, kami rasa sudah saatnya untuk mencoba memakai SSD. Jika problemnya di harga, maka dari kini mulailah menabung. Yakinlah bahwa perjuangan tidak akan pernah menghianati hasil.

Sekian pembahasan tips pertama bagaimana cara meningkatkan performa laptop. Semoga sanggup menunjukkan banyak manfaat bagi para pembaca semuanya. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan di share atau dibagikan kepada teman-teman yang lain. Sampai jumpa pada pembahasan tips meningkatkan performa laptop yang kedua.

0 Response to "Tips Meningkatkan Performa Laptop #1 - Mengganti Hard Disk Dengan Ssd"

Post a Comment