-->

Perbedaan Ram Dengan Rom

RAM pastinya sudah anda kenal dengan bersahabat bagi para pemakai komputer semenjak lama. Tetapi apakah anda tahu apa itu ROM?. RAM dan ROM mempunyai nama yang hampir sama tetapi ketika anda mengetahui arti dari kependekan itulah anda akan mengetahui perbedaannya. Sebenarnya keduanya sama-sama menjadi hardware penyimpanan, tetapi kegunaannya dan cara kerjanya sangat berbeda.

Sebelum kita mengetahui ihwal perbedaannya, kita harus mengetahui apa itu RAM dan apa itu ROM, berikut ini yakni pengertian RAM dan ROM.

Pengertian RAM

RAM pastinya sudah anda kenal dengan bersahabat bagi para pemakai komputer semenjak usang Perbedaan RAM dengan ROM

RAM yakni kependekan dari Random Access Memory yang merupakan penyimpanan data untuk jadwal yang sedang berjalan, diminimize, berjalan di latar belakang, ataupun sedang aktif. RAM biasanya disebutkan dalam besaran MegaByte yang mempunyai kecepatan write dan read yang cepat daripada Harddisk dan ROM. RAM biasanya dipakai untuk mempercepat kinerja komputer alasannya yakni sanggup menyimpan memori proses yang sedang berjalan pada komputer dengan kecepatan transfer data yang cepat.

Pengertian ROM

RAM pastinya sudah anda kenal dengan bersahabat bagi para pemakai komputer semenjak usang Perbedaan RAM dengan ROM

ROM yakni kependekan dari Read Only Memory, sanggup diketahui hanya dari namanya yaitu Read Only berarti hanya sanggup dibaca dan tidak sanggup diedit ataupun ditulis. Fungsi ROM sangat berbeda dengan RAM, biasanya RAM menyimpan data memori jadwal yang sedang berjalan, yang sanggup dibaca dan ditulis ulang, sedangkan ROM bersifat tetap dan permanen tidak sanggup ditulis kembali. ROM sanggup menyimpan gambar, lagu, musik. Pada komputer dan laptop ROM biasanya dipakai oleh BIOS untuk menyimpan data-data BIOS yang bersifat tetap dan tidak sanggup dihapus. ROM juga ada yang berbentuk kaset, tape ataupun yang lainnya. Jika anda pernah mendengar kata CD-ROM berarti CD itu hanya sanggup dibaca dan tidak sanggup diedit ataupun ditulis ulang.

Sekarang anda sudah mengerti definisi dari RAM dan ROM kan?, berikutnya di bawah ini yakni perbedaan RAM dengan ROM.

RAM
  1. RAM sanggup di tulisi dan di baca berulang-ulang kali, asal komputer berjalan dengan ada daya listrik ataupun yang lainnya.
  2. RAM berisi data dan memori jadwal yang sedang berjalan, dan akan hilang dengan sendirinya ketika komputer dimatikan, listrik mati, dan pada ketika komputer dalam keadaan mati.
  3. RAM biasanya berbentuk IC atau yang biasa disebut dengan Intregrated Circuit.
  4. RAM tidak akan menyimpan data selama komputer mati ataupun tidak ada daya. Hal ini menjadikan orang banyak yang kehilangan data pada ketika komputer mati tiba-tiba
  5. Biasanya orang-orang membeli RAM suplemen atau mengganti RAM mereka dengan ukuran yang lebih besar untuk mengoptimalkan kinerja laptop ataupun komputer pada ketika menjalanka banyak aplikasi.
  6. Kecepatan transfer data RAM lebih besar daripada ROM.
ROM
  1. ROM tidak sanggup untuk ditulis, dan biasanya data pada ROM sudah diisi oleh pabrik. Misalnya ROM BIOS, CD Lagu, Tape.
  2. ROM hampir ibarat mirip Harddisk dan SSD yaitu sanggup menyimpan data walaupun komputer sudah dimatikan ataupun dalam keadaan mati.
  3. ROM modern sudah memakai bentuk IC (intregrated circuit).
  4. Data pada ROM tidak akan hilang walaupun daya mati tiba-tiba, alasannya yakni bersifat permanen dan masih menyimpan data walaupun daya sudah dimatikan.
  5. ROM tidak sanggup diisi data kembali alasannya yakni sifatnya yang Read Only (hanya sanggup dibaca), alasannya yakni ROM biasanya dipakai untuk hardware komputer ibarat BIOS, dan CD Musik, Film. ROM sanggup ditulisi pada ketika masih dalam keadaan kosong, tetapi memerlukan alat khusus yang sanggup mengisi data pada ROM.
  6. Kecepatan transfer data pada ROM lebih kecil daripada RAM.
Sekarang sudah tahu kan betapa bedanya, meskipun namanya ibarat RAM dan ROM mempunyai fungsi dan sifat yang sangat berbeda. RAM merupakan tempatnya menyimpan memori jadwal yang sedang berjalan, tetapi ROM hampir ibarat mirip harddisk tetapi tidak sanggup ditulis ulang.

0 Response to "Perbedaan Ram Dengan Rom"

Post a Comment