-->

Pilih Hard Disk Atau Ssd?

 Hard Disk Drive atau yang lebih sering disebut HDD mempunyai fungsi yang sama dengan Solid Pilih Hard Disk atau SSD?
Hard Disk Drive atau yang lebih sering disebut HDD mempunyai fungsi yang sama dengan Solid State Drive (SSD). Kedua hardware ini berfungsi sebagai daerah penyimpanan data pada komputer. Meskipun mempunyai fungsi yang sama, ternyata kedua hardware ini mempunyai banyak perbedaan loh guys. Perbedaan yang paling terlihat ialah dari cara kerja dan performanya. SSD lebih unggul segalanya dibandingkan hard disk. Kalo SSD lebih unggul segalanya, kenapa kita tidak memakai SSD saja? Nah untuk menjawab pertanyaan ini mari kita bahas lebih lengkap pada artikel ini.

Solid State Drive (SSD) merupakan penemuan terbaru dari penyimpanan data. Teknologi ini sanggup meningkatkan kinerja, menghemat konsumsi energi dan sanggup diandalkan. Namun sangat disayangkan SSD mempunyai harga yang lebih tinggi.

Sedangkan Hard Disk Drive (HDD) merupakan media penyimpanan data yang terkenal ketika ini. Dapat memperlihatkan performa yang baik, sanggup mendapatkan amanah dan mempunyai harga yang murah.

Apakah Anda tahu apa itu disket? Disket merupakan daerah penyimpanan data juga. Namun sudah tidak dipakai lagi sebab mempunyai kapasitas yang sangat kecil. Hilangnya disket kemudian digantikan oleh hard disk yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Apakah dengan munculnya SSD sanggup membenamkan penggunaan HDD? Untuk ketika ini kepopuleran hard disk belum sanggup digeser. Tapi mungkin saja hard disk sanggup hilang kalau harga SSD lebih murah. Menurut kami, hambatan penggunaan SSD itu hanya dari harga saja. Kalau harga SSD kebih murah bukan mustahil orang akan berpindah memakai SSD dan karenanya HDD sanggup tertinggal bahkan sanggup tidak akan dipakai lagi ibarat yang dialami oleh disket.

Dari segi kapasitas penyimpanan mungkin SSD masih kecil dibandingkan HDD. Namun hal ini tidak menjadi persoalan sebab aku rasa kapasitas penyimpanan ini akan terus berkembang dan bertambah.

Perbandingan Antara HDD dan SSD

Kecepatan 

SSD memperlihatkan performa yang terbaik ketika komputer melaksanakan kegiatan yang berat, contohnya mengedit dan bermain game. Selain itu dengan memakai SSD proses booting akan menjadi lebih cepat dan begitu juga dengan kinerja baca/tulis akan menjadi sangat cepat.

Jika Anda ingin mendapatkan performa yang tidak ngelag ketika mengedit, bermain game dan rendering maka gunakan SSD. SSD akan menciptakan acara Anda menjadi lebih cepat dibanding memakai HDD. Dengan memakai SSD akan mengurangi kegiatan menunggu yang biasanya terjadi pada ketika rendering video.

Jika Anda memakai komputer hanya untuk acara yang ringan, contohnya mengetik, menonton, memutar musik dan bermain game ringan maka cukup memakai HDD saja. Karena dengan memakai HDD sudah cukup untuk mendukung acara Anda yang terbilang lebih ringan.

Kapasitas

Pada umumnya HDD mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan SSD. Namun suatu ketika sanggup saja SSD mempunyai kapasitas yang lebih besar. Karena kapasitas penyimpanan ini selalu terus dikembangkan oleh brand pembuat SSD.

Apabila Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar tentunya dianjurkan memakai HDD saja. Pertimbangan yang lain ialah Anda sanggup mendapatkan HDD kapasitas besar dengan harga yang lebih murah.

Harga

Anda sanggup mendapatkan HDD 1TB dengan harga di bawah satu juta. Akan tetapi Anda tidak sanggup mendapatkan SSD 1TB dengan harga di bawah 1 juta. Untuk SSD harga 1 juta hanya sanggup mendapatkan kapasitas 120GB saja. Kebayang kan berapa harga SSD 1TB? Sangat mahal lah pokoknya. Inilah yang kami katakan tadi bahwa penggunaan HDD akan tetap terkenal kalau harga SSD masih setinggi ini.

Apabila Anda sangat ingin mempunyai SSD maka mulailah untuk menabung. Jika Anda sudah punya uang tetapi masih resah mau memakai SSD yang kapasitas yang berapa, maka coba dulu memakai kapasitas yang lebih kecil contohnya 120GB atau 256GB. Selain itu Anda juga sanggup bertanya kepada teman yang sudah memakai SSD. Tapi percayalah dibalik harga yang tinggi akan ada kualitas yang terbaik pastinya.

Ketahanan

SSD akan lebih abadi dibandingkan HDD sebab desain solid state nya. SSD tidak mempunyai komponen yang bergerak. Beda halnya dengan HDD yang masih mempunyai komponen yang bergerak. SSD akan lebih berpengaruh terhadap benturan tapi tidak dengan HDD sebab mempunyai komponen yang sensitif terhadap benturan.

SSD akan tahan terhadap benturan dan ini sanggup menjadi alasan Anda harus memakai SSD. Jika HDD sekali terbanting saja sanggup sangat berbahaya, maka sudah saatnya Anda untuk memakai SSD. SSD tahan terhadap benturan bukan berarti SSD gak akan rusak bila dibanting. Setidaknya kemungkinan SSD rusak kalau terbanting sangat kecil.

Garansi

Saya rasa ini juga perlu untuk diperhatikan. Saya sudah sering membeli HDD dan hanya mendapatkan masa garansi selama 1 tahun. Namun SSD brand Intel memperlihatkan masa garansi selama 5 tahun loh guys.
 Hard Disk Drive atau yang lebih sering disebut HDD mempunyai fungsi yang sama dengan Solid Pilih Hard Disk atau SSD?
Saya beranggapan kalau mereka berani memberi masa garansi yang lama, maka mereka sangat percaya akan kualitas dan ketahanan produknya tersebut. Semakin usang masa garansi yang didapatkan, maka itu akan lebih baik.

Selain perbandingan di atas, masih ada beberapa perbandingan lain yang kami rasa penting untuk diketahui. SSD menghabiskan daya yang lebih kecil dibanding HDD sehingga sanggup sedikit menghemat daya. SSD juga mempunyai daya yang lebih efisien dibandingkan HDD.

Menurut kami untuk sanggup menentukan apakah akan memakai HDD atau SSD itu semua tergantung dari banyak faktor. Misalnya kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika kebutuhan Anda untuk bermain game berat, editing dan rendering maka memakai SSD akan lebih baik.

Makara pilih HDD atau SSD? Ya niscaya pilih SSD lah. Tapi membutuhkan banyak pertimbangan. Jika Anda orang kaya dan mempunyai banyak uang, lebih baik beli dan gunakan SSD saja. Menggunakan HDD juga masih sanggup menciptakan performa menjadi lebih gesit. Menggunakan HDD bukan berarti buruk sama sekali. Hanya saja dengan adanya teknologi penyimpanan gres yang lebih bagus, maka ini perlu menjadi pertimbangan.

Sebenarnya performa komputer tidak dipengaruhi oleh media penyimpanan saja. Masih ada processor, RAM dan motherboard yang sanggup menghipnotis performa komputer. Namun tugas media penyimpanan termasuk yang paling penting juga, sebab itulah media penyimpanan perlu juga untuk diperhatikan.

Sekian pembahasan kita kali ini biar sanggup menjawab. Jika ada pemanis silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Apabila dirasa artikel ini elok dan bermanfaat silahkan di share. Terimakasih dan hingga jumpa pada pembahasan menarik selanjutnya.

0 Response to "Pilih Hard Disk Atau Ssd?"

Post a Comment