-->

Pengertian Komunikasi Data Beserta Media Transmisinya

Seiring dengan Kemajuan teknologi komunikasi sekarang mempunyai imbas pada perkembangan pengolahan data. Data dari satu tempat dapat kirim ke tempat lain dengan alat telekomunikasi. Nah, itulah yang akan kita bahas kali ini dan eksklusif saja ke materinya !

 itulah yang akan kita bahas kali ini dan eksklusif saja ke materinya  Pengertian Komunikasi Data Beserta Media Transmisinya

Komunikasi Data
Untuk mengkomunikasikan data dari satu kawasan ke kawasan yang lain, tiga elemen sistemharus tersedia, yaitu sumber data (source), media transmisi (Transmission media) yang membawa data yang dikirim dari sumber data ke elemen ketiga yaitu akseptor (receiver). Bila salahsatu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan sanggup dilakukan.

Media Transmisi Data
Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke penerim adata. Untuk sanggup mengetahui wacana transmisi data lebih lengkap, maka perlu diketahui beberapa hal yang bekerjasama dengan prosesini. Hal tersebut menyangkut : 

• Media transmisi yang sanggup digunakan;
• Kapasitas channel transmisi;
• Tipedarichannel transmisi; 
• Kode transmisi yangdigunakan;
• Modetransmisi;
• Protokol;
• Penanganan kesalahan transmisi.

Beberapa media transmisi sanggup dipakai sebagai channel (jalur/ kanal) transmisi atau carrier dari data yan  dikirim sanggup berupa kabel maupun radiasi elektromagnetik. Bila sumber data dan akseptor jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area yang lokal, maka sanggup dipakai kabel sebagai 
media transmisinya. Kabel sanggup berbentuk kabel tembaga biasa yang dipakai pada telepon, coaxial cable (kabel koax) atau fiber optic (serat optik).

Kabelkoax merupakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lunak dan memiliki tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibanding dengan kabel biasa.tetapi lebih mahal. Sedangkan kabel serat optik dibentuk dari serabut serabut beling (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Kabel jenis ini memiliki kecepatan pengiriman data hingga 10 kali lebih besar dari kabel koax.

Bila sumber data dan akseptor data jaraknya cukup jauh, saluran komunikasi data berupa media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka, yang sanggup berupa gelombang mikro (microwave), sistem satelit (satellite system) atau sistem laser (laser system). Gelombang merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun yang lain. Sifat pemancaran dari gelombang mikro yakni line-of-sight, yaitu dilarang terhalang, contohnya sebab adanya gedung-gedung yang tinggi, bukit-bukit atau gunung-gunung. Gelombang mikro biasanya dipakai untuk jarak-jarak yang bersahabat saja. Untuk jarak yang jauh, harus dipakai stasiun relay yang berjarak 30 hingga 50 kilometer. Stasiun relay diharapkan sebab untuk memperkuat sinyal yang diterima dari stasiun relay sebelumnya dan meneruskannya ke stasiun relay berikutnya.

Karena gelombang mikro dilarang terhalang maka untuk jarak jarak yang jauh dipakai sistem satelit. Satelit akan mendapatkan sinyal yang dikirim dari stasiun gelombang mikro di Bumi dan mengirimkannya kembali ke stasiun bumi yang lainnya. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay yang letaknya diluar angkasa. 

 itulah yang akan kita bahas kali ini dan eksklusif saja ke materinya  Pengertian Komunikasi Data Beserta Media Transmisinya

Kapasitas Kanal Transmisi
Bandwidth (lebar band) mengatakan sejumlah data yang sanggup ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) atau characters per second (cps). Bandwith dengan satuannya bps atau cps menyatakan ukuran dari kapaitas saluran transmisi, bukan ukuran kecepatan. Transmisi data dengan ukuran 1000bps tidak sanggup dikatakan lebih cepat dari transmisi data dengan ukuran 200 bps, tetapi sanggup dikatakan bahwa lebih banyak data yang sanggup dikirimkan pada satu unit waktu tertentu (detik). 

Kapasitas atau transfer rate (tingkat penyaluran) atau baud ratedari kana  tranmisi sanggup digolongkan dalam narrow grup band channel, voice grup band channel, wide grup band channel. Narrow band channel atau subvoice grade channel merupakan saluran transmisi dengan bandwidth yang rendah, berkisar dari 50-300bps. Biaya transmisi lewat narrow grup band channel lebih rendah, tetapi biaya rata-rata per bitnya lebih mahal dengan tingkat kemampuan kesalahan yang besar. Jalur telegraph merupakan referensi dari saluran jenis ini. Voice grup band channel atau voice grade channel merupakan saluran transmisi yang memiliki bandwidth lebih besar dibandingkan dengan narrowband channel, yang berkisar dari 300 - 500 bps. Jalur telepon merupakan contoh dari kanal jenis ini. Wide grup band channel atau broad grup band channel adalah saluran transmisi yang dipakai untuk transmisi volume data yang besar dengan bandwidth hingga 1juta bps. Secara umum transmisi data dengan saluran ini sangat mahal, tetapi kalau diperhitungkan biaya per bitnya akan lebih murah dan kemungkinan kesalahan transmisi kecil. Jalur telepon jarak jauh memakai saluran wideband, aitu memakai media kabel koax yang ditanam di dasar atau gelombang mikro atau sistem satelit. 

Tipe Kanal Transmisi
Suatu channel transmisi sanggup memiliki tipe transmisi satu arah (one way tarnsmision), transmisi dua arah bergantian (either way transmision) atau transmisi dua arah serentak (both way transmission). Tipe transmisi satu arah merupakan saluran transmisi yang hanya sanggup membawa isu data dalam bentuk satu arah saja, tidak bisa bolak-balik. Siaran radio atau televisi merupakan referensi dari transmisi dari arah, yaitu sinyal yang dikirimkan dari stasiun pemancar hanya sanggup diterima oleh pesawat penangkap siaran, tetapi pesawat penangkap siaran tidak sanggup mengirimkan isu balik kestasiun pemancar. Pengiriman data dari satu komputer ke komputer lain yang searah (komputer yang satu sebagai pengirim dan komputer yang lainnya sebagai penerima) merupakan referensi transmisi satu arah. Tipe transmisi dua arah bergantian (two way transmission atau half duplex) merupakan saluran transmisi dimana isu data sanggup mengalir dalam dua arah yang bergantian (satu arah dalam suatu ketika tertentu), yaitu kalau satu mengimkan, yang lain sebagai akseptor dan sebaliknya, tidak bisa serentak. Dengan transmisi dua arah bergantian maka sanggup mengirim dan mendapatkan data. Walkie-talkie merupakan referensi dari transmisi dua arah bergantian, yaitu sanggup mendengarkan atau berbicara secara bergantian.

Kurang kebihnya itulah bahan singkat wacana Komunikasi Beserta Media Transmisi Data, dan agar menjadi manfaat untuk teman semuanya. Terimakasih

0 Response to "Pengertian Komunikasi Data Beserta Media Transmisinya"

Post a Comment