-->

Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama

Pernahkan kawan-kawan berfikir bagaimana cara kita menyimpan data yang banyak ?? Jika kita memakai variabel maka kita hanya sanggup meyimpan data satu saja dan jikalau kita isikan lagi maka data akan di timpa dengan data yang gres . 

Salah satu tanggapan yang sanggup menjawab pertanyaan di atas ialah menggunakan array.

kawan berfikir bagaimana cara kita menyimpan data yang banyak  Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama


Nah lo apa tu array ????

Ada dongeng ni dari si oso , baca dulu ya . 

Ceritanya si oso lagi ada di kebun buah . Disana banyak buah yang segar dan oso ingin mengambil beberapa untuk di bawa pulang . Oso melihat pohon pisang dan dengan keterampilannya beliau menciptakan sebuah wadah dari daunnya untuk menampung buah-buahan tersebut . Dia memperkirakan ukurannya supaya muat buah agak banyak .Setelah mempersiapkan wadahnya beliau pun mulai memetik buah satu demi satu .  

Dari dongeng di atas si oso sudah menyinggung perihal array dalam bentuk wadah dari daun pisang .Jadi sanggup di katakan bahwa array ialah salah satu penyimpanan data yang ada dalam bahasa pemrograman yang cara pengaksesannya memakai indeks. Untuk lebih lengkapnya kita akan membahasnya bersama dalam posting ini .

Bagaimana cara menciptakan array ???

Kalo si oso menciptakan wadahnya dengan daun pisang , kita menciptakan arraynya menyerupai ini .
        // BUAT ARRAY         String [] buah = new String[3]; 
Pertama kita tentukan tipe datanya sebab array hanya mau menampung data yang sesuai dengan tipe datanya saja . Lalu kita tentukan juga wadah kita besarnya seberapa , itu untuk besar tempatnya .

Bagaimana cara kita mengisi array ???

Kita sanggup mengisinya satu per satu menurut indeksnya menyerupai di bawah ini .
        buah[0] = "Apel";         buah[1] = "Jeruk";         buah[2] = "Anggur"; 
Atau kawan-kawan sanggup juga begitu menciptakan array eksklusif mengisinya menyerupai cara di bawah ini .
 String [] minuman = {"Teh","Jus"}; 
Kaprikornus maksimal tempatnya di sesuaikan dengan banyaknya data yang di pisahkan dengan tanda koma .Untuk coding yang sedikit cara di atas tidak terlalu bermasalah tapi jikalau codingnya banyak maka akan menjadi problem . Cara untuk mengatasi hal itu ialah dengan memakai santunan dari looping for untuk mengisinya .

Bagaimana jikalau kita mengakses indeks yang melebihi batas array ???

Jika kita mengakses indeks yang melebihi dari batas array maka akan terjadi error . Coba saja kawan-kawan menampilkan array buah dengan indeks 3 , maka dikala di run akan terjadi error .

Bagaimana cara untuk melihat isi dari array ???

Untuk melihat isi array kita membutuhkan sebuah indeks , array indeks ke berapa yang ingin kita tampilkan . Cohtohnya menyerupai di bawah ini .
 System.out.println("Buah = " + buah[0]); 
Praktis bukan , caranya cuma menyerupai itu aja . Bisa juga kita memakai looping for yang di mulai dengan 0 dan dengan batas hingga namaArray.length . length di sini mempunyai kegunaan untuk mendapat total dari maksimal isi array .
        System.out.print("Minuman = ");         for (int i = 0; i < minuman.length; i++) {             System.out.print(" " + minuman[i]);         } 
Jika kita run maka akhirnya akan menyerupai ini .

kawan berfikir bagaimana cara kita menyimpan data yang banyak  Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama


Nah itu bahasan kita hari ini perihal array . Dalam pembahasan ini kita hanya membahas perihal array satu dimensi . Terdapat juga array dua dimensi yang di sebut dengan matrik , nah selengkapnya perihal matrik silahkan baca di sini . Terus semangat coding dan jangan pantang mengalah dan nantikan terus postingan selanjutnya hanya ada di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java. 

Untuk coding di atas silahkan download di bawah ini 

0 Response to "Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama"

Post a Comment