Menciptakan Segitiga Dalam Java Versi 4
Segitiga merupakan berdiri datar yang terdari tiga buah titik yang saling terhubung antara satu dengan yang lainya . Pembahasan kali ini akan kita buat versi segitiga 4 . Tidak lupa aku ingatkan lagi sebaiknya membaca terlebih dahulu versi 1 , versi 2 dan versi 3 alasannya versi 4 ini merupakan adonan dari versi sebelumnya yang tentunya sudah manipulasi .
Gambar di atas yakni hasil run dari segitiga versi 4 ini . Pada bab kosong akan terbentuk sebuah segitiga versi 1 , sama menyerupai versi 3 kemarin kita hanya tinggal menambahkan for j lagi sebelum code System.out.println() . Codingnya akan menjadi menyerupai berikut .
public void segitigaSikuKananBawah(int tinggi){ for (int i = 0; i < tinggi; i++) { // Cetak spasi for (int j = 0; j <= i; j++) { System.out.print(" "); } // Cetak bintang for (int j = (tinggi - i); j > 0; j--) { System.out.print("*"); } System.out.println(""); } }
Saya memakai decrement untuk looping for j kedua ini , dapat juga dengan cara di incrementkan menyerupai versi 2 . Praktis bukan menciptakan bentuk-bentuk segitiga , apa sih keuntungannya kita mencar ilmu menyerupai ini ??? Coding menyerupai ini membantu kita untuk mengasah penggunaan looping , terkhusus lagi looping for .
Kawan-kawan dapat mengotak atik coding ini dan berkreasi menciptakan bentuk yang lain . Misalnya kita dapat menciptakan sebuah segitiga yang sama sisi atau menciptakan bentuk menyerupai wajik atau bentuk gerigi dan masih banyak bentuk yang lainnya .
Oh ya kalo cuma code di atas saja belum dapat di run tentunya . Buat dahulu mainnya menyerupai code di bawah ini .
public static void main(String[] args) { Segitiga segi3 = new Segitiga(); segi3.segitigaSikuKananBawah(5); }
Nantikan terus coding-coding berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com sedikit ilmu perihal java . Download coding di bawah ini .
DOWNLOAD
0 Response to "Menciptakan Segitiga Dalam Java Versi 4"
Post a Comment