-->

Belajar Konsep Pemrograman Pbo Di Java Mudah

PBO yakni salah satu paradigma pemrograman yang terkenal pada dikala ini . PBO atau Pemrograman Berbasis Objek atau OOP di temukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan sekitar awal tahn 1970 .

Model PBO ini menggantikan perannan dari konsep pemrograman terstruktur atau struktural . Pada PBO semua data dan fungsi dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek dimana setiap objek sanggup mendapatkan , memproses dan mengirim pesan ke objek yang lainnya.
PBO yakni salah satu paradigma pemrograman yang terkenal pada dikala ini  Belajar Konsep Pemrograman PBO Di Java Mudah

Karakteristik dari PBO

PBO merupakan bab dari evolusi perangkat lunak baik dari sisi konsep maupun produk. Untuk membedakan PBO dengan pemrograman generasi sebelumnya di sini aku akan membahas beberapa karakteristik utama yang terdapat dalam "Pemrograman Berbasis Objek" .Untuk lebih lengkapnya aku akan uraikan di bawah ini .

1 . ENKAPSULASI
Kita lihat dari namanya yaitu ENKAPSULASI yang bermakna pengkapsulan . Kawan-kawan pahami dulu kata pengkapsulan , kita ibaratkan obat yang berbentuk kapsul . Tujuan dari obat di kapsulkan biar bab dalam (isi obat) tidak rusak atau terganggu . Sama mirip halnnya enkapsulasi di sini tujuannya biar atribut yang kita buat tidak gampang untuk di kanal sehingga atribut kita akan lebih kondusif . Enkapsulasi sanggup di sebut juga dengan penyembunyian gosip atau information hidding. Kaprikornus kita tidak harus tau isinya method (fungsi dan prosedur) yang akan kita gunakan tapi kita cukup tahu saja method ini mempunyai kegunaan untuk apa .

2. ABSTRAKSI
Abstraksi merupakan sebuah pengenalan secara umum dari sebuah objek tanpa memerlukan pengetahuan yang detail . Penjelasan lebih mudahnya yaitu cara kita melihat suatu sistem dala bentuk yang lebih sederhana . Misalnya aku beri teladan Motor merupakan sebuah abstraksi dari kendaraan roda dua yang sanggup bergerak dengan mesin .

3. MODULARITAS
Mudularitas merupakan pembagian objek kompleks kedalam bagian-bagian individual yang mempunyai fungsinya masing-masing. Fungsi dari modularitas yakni memudahnkan kita dalam mengerjakan sebuah project , memudahkan di sini sanggup berarti memudahkan untuk membaca alur project sanggup juga memudahkan kita dalam pencarian error . Lebih mudahnya sanggup kita ibaratkan sebuah motor , yang tersusun dari banyak sekali macam modul mirip modul mesin , ban , gas dan lainnya .

4. HERARKI
Di dalam PBO kita juga akan mengenal adanya pewarisan , bukan pewarisan harta ya . Pewarisan di sini lebih di tepatkan pewariasan sifat dari kelas induk ke kelas anak . Bisa kita misalkan bahwa anak mempunyai sifat yang diturunkan dari kedua orang tuanya , entah itu sanggup lebih banyak didominasi dari ayah atau ibunya .Dalam kesempatan yang lain akan aku bahas lebih lengkapnya.

Apa sih alasan kita harus mengguanakan pbo ???

Seperti yang sudah aku singgung di atas bahwa konsep pbo merupakan penyempurnaan dari konsep bahasa prosedural . Sebenarnya prosedural pun juga merupakan penyempurnaan dari bahasa sekuensial .

Kelemahan dari bahasa prosedural mirip ini , misal ada sebuah perusahaan menciptakan sebuah buku kas besar memakai variabel yang sanggup di kanal oleh fungsi-fungsi lainnay sehinggah harus di jadikan menjadi variabel global . Seperti yang kita ketahui bahwa variabel global sanggup di kanal oleh semua fungsi . Masalah akan muncul jikalau ada programmer gres yang belum mengetahui seluk beluk kegiatan kita ini dan kemungkinan yang akan terjadi yakni kerusakan data alasannya yakni pengaksesan langsung.

Kelebihan PBO (Java)

1. Multiplatform , sesuai dengan prinsipnya yaitu "tulis sekali , jalankan dimana saja" java sanggup di jalankan dalam os yang berbeda . Beberapa os yang didukung hingga dikala ini yakni Microsoft Windows , Linux , Mac OS dan Sun Solaris .

2. OOP , cara berfikirnya mirip insan alasannya yakni menurut objek bukan perintah perbaris .

3. Untuk java sendiri mempunyai pustakan yang sanggup dikatakan cukup dari lengkap untuk mengengerjakan project .

4. Di dalam java terdapat pengumpul sampah otomatis jadi tidak perlu melaksanakan pengaturan memori secara eksklusif .

Kekurangan PBO (Java)


1. Penggunaan memori yang banyak , dari pada bahasa mirip C/C++ dan pascal java mempunyai penggunaan memori lebih besar .

2. Praktis didekompilasi.

3. Program yang di buat dengan java lebih lambat dibanding dengan kegiatan yang di buat dengan bahasa lain mirip c / c++.


Masih banyak yang belum sanggup aku terangkan perihal PBO , dalam hal ini aku maksudkan lebih ke java . Jika ada kesempatan lain akan aku coba jelaskan lebih banyak lagi atau kawan-kawan sanggup membaca cara berguru java dengan mudah . Semoga postingan ini sanggup membatu bagi para pemula yang ingin berguru perihal konsep PBO di dalam java .

Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java .

0 Response to "Belajar Konsep Pemrograman Pbo Di Java Mudah"

Post a Comment