-->

Apa Itu System Restore? Dan Apa Fungsinya?

Pada kesempatan ini saya akan membagikan materi wacana apa itu System Restore ! Mungkin diantara sahabat semua ada yang belum mengetahui apa itu system restore jadi saya akan sedikit menyebarkan disini mengenai materi tersebut. Oke eksklusif saja sob untuk masuk ke materi !

 Pada kesempatan ini saya akan membagikan materi wacana apa itu System Restore  Apa itu System Restore? dan Apa Fungsinya?
Pengertian System Restore
System Restore ialah suatu utility yang dipakai untuk mengembalikan suatu konfigurasi (rekonfigurasi) sistem komputer kedalam bentuk konfigurasi yang telah berlaku sebelumnya. Nah, system ini merupakan salah satu fitur (utility) dalam OS windows yang sangat berguna. Kemudian system restore ini juga merupakan salahsatu fitur pada windows untuk mengembalikan sistem ke titik tertentu sebelumnya. Seperti halnya melaksanakan “Undo” terhadap sistem komputer tanpa menghipnotis file personal ibarat email, dokumen, foto, dsb.

Lalu, apa fungsi system restore ini ?
Fungsi fitur System Restore ini (hampir mirip) dengan fungsi pada opsi "Menggunakan Last Known Good Configuration" yang ada didalam Advance Startup Option Windows 7 dan XP (F8) sob. Jadi, ini merupakan sebuah proses restorasi yang dilakukan oleh system restore yang membutuhkan waktu rekonfigurasi relatif singkat dengan ditambah restart sistem. Kemudian tidak ada software pihak-ketiga (third-party) yang bisa melaksanakan hal ini, terkecuali memakai software backup sistem dengan memakai file-backup yang sudah dibentuk sebelumnya, yang biasanya mempunyai file-size sangat besar, serta membutuhkan waktu restorasi yang cukup lama.

System restore bekerja dengan menciptakan dan menyimpan restore point di komputer dalam abad tertentu. Informasi yang disimpan disini ialah gosip registry dan juga banyak sekali setting lain yang dipakai oleh windows. Selain tersimpan secara otomatis, sahabat juga bisa menciptakan Restore Point sendiri secara manual.

Tujuan Menggunakan System Restore
System restore membantu system apabila terjadi situasi dimana system gagal melaksanakan suatu fungsi tertentu, yang disebabkan adanya perubahan dalam registry windows. 

Penyebab yang paling umum ialah perubahan (penambahan) file-registry sesudah instalasi suatu kegiatan aplikasi. Situasi ibarat ini sering ditandai dengan kegagalan Windows melaksanakan perintah atau fitur tertentu, atau munculnya suatu Pesan_Error, Warning_box, atau terjadinya kondisi Freze (hang), bahkan Crash (bluescreen). Memang tidak untuk gampang mencari penyebab mengapa timbul sebuah problem. Dalam keadaan ibarat ini, system restore kadang bisa menjadi solusi cepat dan paling mudah. Bahkan untuk user yang tidak mengenal seluk-beluk sistem sekalipun.

Apa sih perbedaan system restore dengan back up ?
Kaprikornus begini sob, bila system restore yang “dibackup” ialah file-file sistem ibarat registry dan pengaturan windows, tanpa menyertakan file personal. Sedangkan system image backup akan membackup semuanya, mulai dari file-file sistem sampai semua file personal yang kau simpan.
system restore hanya mengubah sistem tanpa efek apapun pada data personal, sedangkan system imange backup mengubah semuanya baik sistem maupun data personal.

Nah, itulah kiranya materi yang bisa saya bagikan untuk ketika ini, supaya artikel ini bermanfaat untuk sahabat semuanya. Sekian dulu sob dan Terimakasih

0 Response to "Apa Itu System Restore? Dan Apa Fungsinya?"

Post a Comment