-->

Belajar Gampang Percabangan If-Else Di Java Dengan Permainan Tebak Angka


Siapa sih yang tidak suka bermain , semua orang niscaya juga suka . Nah kali ini kita akan menciptakan sebuah permainan sederhana dengan coding java tentunya . Permainan ini namanya yaitu tebak angka , Makara kita di suruh menebak angka yang sudah ada, aku di sini hanya membatasi antara 0 – 9 saja .
 Nah kali ini kita akan menciptakan sebuah permainan sederhana dengan coding java tentunya  Belajar Praktis Percabangan IF-ELSE Di Java Dengan Permainan Tebak Angka

Dalam permainan ini angka yang harus di tebak harus kita buat random atau acak .Java mempunyai sebuah pustaka sendiri untuk menangani nilai random . Kelas yang akan kita gunakan yaitu kelas Math dari java sendiri .
int angkaAsli = (int) (Math.random() * 10); 
Perhatikan gambar di atas , kita harus menciptakan sebuah variabel tipe data integer kemudian kita isi dengan randoman angka antara 0-9 . Kawan-kawan jikalau ingin menambah randomanya contohnya antara 0 – 99 tinggal ganti aja di kali 100 , ibarat code di bawah ini .
int angkaAsli = (int) (Math.random() * 100); 
Kemudian kita beri pemain kesempatan untuk menebak sebanyak 4 kali , untuk itu kita gunakan looping for . Kenapa harus memakai looping for ??? temukan jawabanya dengan membaca looping for dalam bahasa java .
        for (int i = 0; i < 4; i++) {             System.out.println("Masukan angka asumsi anda : ");             int angkaKira = input.nextInt();                          if(angkaAsli == angkaKira){ // Jika sama                 System.out.println("Anda berhasil menebak angka , angka yaitu " + angkaAsli);                 break; // Memaksa keluar dari looping             }else if(angkaKira > angkaAsli){                 System.out.println("Angka yang anda masukan terlalu besar");             }else{                 System.out.println("Angka yang anda masukan terlalu kecil");             }         }         System.out.println("Angka orisinil = " + angkaAsli); 
Jika tidak kita looping maka kita harus menciptakan codingan yang sama sebanyak 4 kali . Jangan lupa kita kasih kondisi break supaya looping berhenti jikalau sudah benar angkanya . Fungsi dari break ini yaitu untuk menghentikan looping yang sedang berjalan . Jika kita jalankan permainannya maka akan ibarat gambar di bawah :

 Nah kali ini kita akan menciptakan sebuah permainan sederhana dengan coding java tentunya  Belajar Praktis Percabangan IF-ELSE Di Java Dengan Permainan Tebak Angka


Walaupun sederhana permainannya tapi dengan ibarat ini kita sanggup mencar ilmu perihal percabangan if-else .Untuk selengkapnya perihal percabangan silahkan baca di sini .Kawan - mitra sanggup membuatkan permainan ini sendiri ibarat yang kawan-kawan suka . Kunjungi terus tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java .

Download coding di atas di bawah ini .

DOWNLOAD


0 Response to "Belajar Gampang Percabangan If-Else Di Java Dengan Permainan Tebak Angka"

Post a Comment