-->

Pengertian Dan Fungsi Dvd Rom, Dvd-R, Dan Dvd-Rw

 Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai  Pengertian dan Fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dan perbedaan CD ROM, CD-R, dan CD-RW. Seperti yang telah dijanjikan pada artikel sebelumnya, maka kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW.

DVD ROM atau DVD ROM Drive ialah kependekan dari Digital Versatile Disc Read Only Memory. DVD ROM memiliki bentuk fisik yang sama persis menyerupai CD ROM, hanya saja mempunyai kemampuan yang berbeda. CD ROM hanya bisa membaca data-data dari CD saja, sedangkan DVD ROM bisa membaca data-data yang ada pada DVD dan CD sekalipun. Gampangnya, DVD ROM itu ialah daerah untuk memutar DVD.

Pengertian DVD ROM

DVD ROM atau DVD ROM drive itu ialah alat yang dipakai untuk memutar DVD. Tidak hanya DVD saja, CD pun bisa diputar pada DVD ROM ini. Bentuknya yang sama menyerupai CD ROM menciptakan seseorang terkadang susah untuk membedakannya. Namun, Anda bisa melihat pada cuilan depan yang biasanya ada goresan pena CD ROM atau DVD ROM.

Sampai disini paham mengenai DVD ROM?

Kita lanjutkan untuk membahas mengenai DVD-R danDVD-RW. Pernah gak dikala Anda ingin membeli DVD kosong gitu, lalu si penjual bertanya, mau DVD-R atau DVD RW? Bingung? Jangan hingga salah beli loh sebab keduanya ini berbeda, apa saja perbedaannya? Berikut klarifikasi lengkapnya.

Apa itu DVD-R?

Merupakan daerah penyimpanan data yang berkapasitas 4,7GB. Ketika Anda menyimpan data di DVD-R, maka data tersebut akan tersimpan permanen alias tidak bisa dihapus lagi. Dari segi kapasitas penyimpanan, tentu DVD lebih baik dibanding CD. DVD biasanya dipakai untuk menyimpan data-data besar dalam jumlah yang banyak, contohnya bisa dipakai untuk menyimpan file penginstalan Windows.

Apa itu DVD-RW?

Sama halnya dengan DVD-R, DVD-RW ini juga berkapasitas 4,7GB. Yang membedakannya ialah data yang tersimpan di DVD-RW bisa dihapus dan diisi lagi dengan data yang baru. Selain itu, untuk harganya, DVD-RW akan sedikit lebih mahal.

Sekian artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW. Semoga yang sedikit ini sanggup menawarkan banyak manfaat.

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Dvd Rom, Dvd-R, Dan Dvd-Rw"

Post a Comment