-->

Teknologi Terbaru Di Bidang Laporan Keuangan

Teknologi terbaru terus dikembangkan demi mengimbangi kebutuhan insan akan akomodasi beraktivitas. Aktivitas ini meliputi banyak sekali aspek, termasuk di dalamnya dalam standar laporan keuangan. Ada perubahan gres dalam dunia akuntansi. Telah disepakati bahwa di tahun depan akuntansi perbankan, forum jasa keuangan, dan standar pelaporan keuangan akan memakai standar khusus berjulukan IFRS 9.

Di Indonesia, standar IFRS 9 ini mulai diberlakukan pada tahun 2020. Adanya perubahan terhadap pelaporan keuangan dan akuntansi menuntut perbankan dan forum jasa keuangan lainnya untuk siap dan melaksanakan perubahan. Maka sebagai rekomendasi, berikut ialah solusi teknologi info platform terbaru untuk menyelaraskan tren pelaporan keuangan yang terus berkembang.

 terus dikembangkan demi mengimbangi kebutuhan insan akan akomodasi beraktivitas Teknologi Terbaru di Bidang Laporan Keuangan

Solusi dan Teknologi Terbaru untuk Pelaporan Standar IFRS 9


Indonesia merupakan negara dengan perkembangan ekonomi yang terbilang pesat. Selain itu, Indonesia termasuk dalam komunitas bisnis global, dimana korelasi antar negara secara internasional saling berhubungan. Saat ini, perekonomian Indonesia semakin terintegrasi dengan perekonomian dunia.

Oleh sebab itu, aspek standar akuntansi dan keuangan perlu diperbaharui. Indonesia harus memakai standar akuntansi dan keuangan yang berlaku dan diterima di seluruh dunia. Itu juga yang menjadi alasan dalam beberapa tahun belakangan Indonesia semakin semangat mempromosikan penggunaan standar akuntansi keuangan yang telah terkonvergensi dengan IFRS di entitas publik.

Salah satu perubahan yang paling terlihat terang di IFRS 9 ialah perubahan kerangka berpikir dari backward looking menjadi forward looking. Salah satu studi terhadap krisis keuangan pada 2008 kemudian menjadi konsep awal standar IFRS 9 ini terbentuk dan mengganti konsep pencadangan di IAS 39 yang dianggap terlalu sedikit dan terlalu lambat.

IFRS 9 ialah balasan untuk perbaikan dari akuntansi lindung nilai yang sejalan dengan perlakuan akuntansi dengan kegiatan administrasi risiko, memungkinkan entitas untuk lebih mencerminkan kegiatan ini dalam laporan keuangan mereka. Pengguna laporan keuangan akan memperoleh info yang lebih baik wacana administrasi risiko dan pengaruh dari akuntansi lindung nilai terhadap laporan keuangan.

Adanya kebutuhan perbaikan itu mendorong penyedia solusi teknologi info membuat sebuah teknologi terbaru pada industri keuangan Indonesia. Untuk mengimplementasikan IFRS 9, muncul sebuah teknologi berjulukan Emerio Regla IFRS 9. Di Indonesia, IFRS 9 ini disebut dengan istilah PSAK 71. IFRS 9 merupakan standar gres pelaporan keuangan yang akan menggantikan standar yang berlaku ketika ini (IAS 39 atau PASK 55).

Tantangan yang dihadapi dalam implementasi IFRS 9 ialah ketersediaan data dan kualitas data, kemampuan bank untuk melaksanakan prediksi dengan memakai teknik administrasi risiko dan pentingnya tools statistic untuk mendukung perhitungan tersebut.

Regla merupakan sarana dan solusi dalam hal mendukung industri keuangan. Lebih jauh, Regla menyediakan transformasi menyeluruh untuk menghasilkan keputusan-keputusan bisnis strategis. Solusi yang disediakan Regla terhadap teknologi terbaru tersedia dalam banyak sekali bentuk database, sistem operasi, dan infrastruktur termasuk cloud.

Kebutuhan perhitungan, pelaporan kepada pihak regulator, baik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Bank Indonesia (BI), serta kebutuhan internal bank, atau pelaporan ke grup perjuangan telah disediakan oleh Regla. Tambahan lagi, dengan perkembangan teknologi ini, institusi keuangan dan bank sanggup melaksanakan analisis menyeluruh terhadap aspek-aspek keuangan yang diharuskan oleh standar regulator dan IFRS. Cakupannya meliputi persiapan dan pengolahan data, perhitungan yang lengkap, cepat dan akurat, serta comply dengan regulasi, dan merepresentasikan info yang dihasilkan dalam bentuk pelaporan yang diinginkan.

Regla telah berhasil dipergunakan lebih dari 20 klien perbankan dan institusi keuangan lainnya, di Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara, ibarat Singapura, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam. Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan sebab adanya bermacam-macam institusi keuangan dan bank. Regla mempunyai potensi yang besar di pasar Indonesia dan berkomitmen untuk berbagi teknologi terbaru secara berkala.

0 Response to "Teknologi Terbaru Di Bidang Laporan Keuangan"

Post a Comment