-->

Ketahui Hal Berikut Ini Sebelum Mengganti Atau Menambah Ram Laptop

Ketahui Hal Berikut Ini Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop Ketahui Hal Berikut Ini Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop

Jika laptop Anda lemot ketika bermain game atau menjalankan aplikasi berat ibarat aplikasi editing dan desain, maka RAM merupakan salah satu kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut.

RAM (Random Access Memory) yaitu media penyimpanan data sementara untuk aplikasi-aplikasi yang sedang dijalankan.

Ketika lebih dari satu aplikasi dijalankan dalam waktu yang bersamaan apalagi bila aplikasi yang dijalankan tergolong aplikasi yang berat, sedangkan RAM yang dimiliki berkapasitas kecil, maka akan mensugesti kelancaran aplikasi yang sedang digunakan.

Hal ibarat ini biasanya disebut bottleneck dimana salah satu hardware mengganggu kinerja keseluruhan sistem alasannya yaitu spesifikasi hardware yang terlalu rendah dibandingkan dengan hardware lainnya dalam sistem.

Biasanya RAM bawaan laptop tergolong mempunyai kapasitas yang kecil dan hal ini tentunya tidak sanggup mendukung hardware-hardware lain dilaptop untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat dengan lancar.

Tetapi ketika ini juga sudah hadir beberapa laptop spesifikasi yang kuasa dengan kapasitas RAM yang tergolong besar, hanya saja laptop ini dijual dengan harga yang sangat mahal.

Pabrikan laptop akan memperlihatkan kebebasan kepada para penggunanya untuk menambah atau mengganti RAM biar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sedangkan untuk RAM bawaan sebuah laptop hanya diubahsuaikan dengan standar kebutuhan laptop biar sanggup berjalan dengan baik ketika menjalankan aplikasi-aplikasi menengah ke bawah.

Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop

Ketika Anda benar-benar tetapkan untuk mengganti atau menambah RAM, maka ada beberapa hal yang harus kau perhatikan terlebih dahulu.

Ketika Anda menambah atau mengganti RAM lebih dari batas kapasitas maksimal, maka itu akan mubazir alasannya yaitu RAM yang akan terbaca hanya sebesar kapasitas maksimalnya saja.

Maka dari itu jangan terlalu gegabah ketika hendak mengganti atau menambah RAM, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Sistem Operasi


Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak dipakai ketika ini, mulai dari seri Windows 7, Windows 8.1, hingga dengan Windows 10. Sistem operasi Windows 32 bit mempunyai batas maksimal kapasitas RAM, yaitu sebesar 4GB. Sedangkan pada sistem operasi Windows 7 Starter mempunyai batas maksimal kapasitas RAM sebesar 2GB saja.

Untuk sistem operasi 64 bit mempunyai batas maksimal kapasitas RAM hingga dengan 2TB pada Windows 10 Enterprise. Sedangkan pada Windows 7 Home Basic 64 bit mempunyai batas maksimal RAM yaitu sebesar 8GB.

Jika kau ingin melihat sistem operasi apa yang dipakai pada laptop, maka sanggup dilihat pada Properties Computer yang akan menampilkan mengenai sistem operasi yang dipakai dan bit yang dipakai pada system type. Untuk mengetahui batas maksimal kapasitas RAM sistem operasi sanggup dilihat di Website Microsoft.

Intinya bila kau akan mengganti atau menambah RAM menjadi kapasitas di atas 4GB, maka gunakanlah sistem operasi 64 bit. Karena misalkan RAM laptop kau berkapasitas 8GB dan sistem operasi yang dipakai Wndows 32 bit, maka yang akan terbaca kapasitasnya hanya 4GB saja dan 4GB lainnya tidak akan terbaca alias mubazir. Karena sistem operasi 32 bit itu hanya akan membaca maksimal kapasitas RAM sebesar 4GB saja.


2. Dukungan Processor

Selanjutnya ketika akan menambah RAM akan ada kaitannya dengan processor. Di halaman website Intel menyediakan isu mengenai batas kapasitas RAM untuk setiap processornya. Untuk isu lebih lengkapnya mengenai hal ini pribadi saja kunjungi ark.intel.com. Pada halaman ini kau akan diminta untuk menentukan jenis processor kemudian isu detail ihwal batas kapasitas RAM berada pada pecahan Memory Spesification. Tiga hal penting yang harus diperhatikan yaitu Max Memory Size (Batas maksimal RAM), Memory Types (Tipe memori), dan Max # of Memory Channels (Channel memori/berapa keping RAM yang sanggup terbaca).

Ada cara lain yang lebih gampang, yaitu dengan mengunjungi sebuah website yang menyediakan jasa scan sistem laptop untuk sanggup mengetahui isu mengenai spesifikasi RAM yang support dengan laptop, jumlah slot RAM yang tersedia, hingga batas maksimal kapasitas RAM, websitenya yaitu CRUCIAL.com. Terlebih dahulu kau harus mendownload aplikasinya, sehabis itu jalankankan aplikasinya dan tunggu hingga proses scan simpulan dan menampilkannya pada browser.

3. Slot yang Tersedia

Sekedar isu bahwa tidak semua laptop mempunyai slot RAM lebih dari satu. Slot RAM pada sebuah laptop sanggup diketahui dengan cara membuka casing pecahan bawah laptop atau juga sanggup melalui Crucial. Jika slot RAM yang tersedia hanya satu, maka yang sanggup dilakukan yaitu mengganti RAM. Sedangkan bila pada laptop tersedia 2 slot atau lebih, maka kau sanggup menambah RAM pada slot yang masih kosong dengan catatan RAM di kedua slot mempunyai spesifikasi dan kecepatan yang sama. selain itu juga ada laptop yang dimana slot RAM nya hanya tersedia satu dan RAM nya tidak sanggup dilepas (Tertanam di motherboard). Jadi, ketika hendak membeli laptop, pastikan mempunyai slot RAM yang RAM nya sanggup diganti atau ditambah.

4. Garansi Laptop

Letak tanda garansi ini biasanya pada salah satu lubang sekrup di pecahan bawah laptop. Ketika kita akan mengganti atau menambah RAM, maka otomatis akan membuka casing di pecahan bawah laptop dan sanggup dipastikan garansi akan hangus alasannya yaitu kertas tanda garansinya sudah mengalami kerusakan ketika membongkar pecahan bawah laptop tadi. Jika ingin mengganti atau menambah RAM maka tunggulah hingga garansi benar-benar sudah habis dan bila kau sudah merelakan garansinya hangus, ya silahkan saja.

Ketika hendak mengganti atau menambah RAM, sebaiknya bawalah laptop yang RAM nya akan ditambah. Akan lebih baik bila laptop dicek dahulu oleh tekhnisi toko tersebut alasannya yaitu biasanya pada RAM bawaan terdapat spesifikasi yang lengkap mengenai RAM. Setelah tekhnisi melaksanakan pengecekan RAM, selanjutnya kita tinggal menyesuaikan untuk mengganti atau menambah RAM sesuai dengan kebutuhan. Yang terpenting ketika hendak menambah RAM yaitu perhatikan jenis RAM yang support dengan laptop dan juga perhatikan clock speed RAM. Jika pada laptop terdapat 2 buah slot dan kemudian kau akan mengisi kedua slot dengan RAM, maka pastikan kedua RAM ini mempunyai spesifikasi yang sama, perhatikan juga clock speed RAM yang support dengan laptop. Untuk kedua slot ini boleh memakai kapasitas yang berbeda. Misalnya slot pertama 4GB dan slot kedua 8GB, itu boleh saja, asalkan jenis dan clock speed RAM sama.

Itulah bebrapa hal yan harus kau ketahui sebelum mengganti atau menambah RAM laptop. Jika ada sanggahan atau suplemen silahkan berkomentar di bawah ini ya.

0 Response to "Ketahui Hal Berikut Ini Sebelum Mengganti Atau Menambah Ram Laptop"

Post a Comment