-->

7 Alasan Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows Atau Osx

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Ada 3 sistem operasi yang terkenal dan banyak dipakai orang di seluruh dunia, yaitu Linux, Windows, dan OSX. Setiap sistem operasi ini tentunya mempunyai fitur dan fungsi yang berbeda-beda. Tetapi ketika ini sistem operasi Linux dianggap sebagai sistem operasi yang terbaik yang penggunanya sangat banyak diseluruh dunia, ibarat kalangan programmer, developer, bahkan kebanyakan hacker juga memakai sistem operasi Linux ini.

Kembali ke topik pembahasan artikel ini yaitu mengenai alasan kenapa kebanyakan programmer di dunia lebih menentukan memakai Linux dibandingkan OSX atau Windows. Berikut klarifikasi lengkapnya :

 sistem operasi yang terkenal dan banyak dipakai orang di seluruh dunia 7 Alasan Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

1. Open Source
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang open source. Ini berarti bahwa semua source code linux sanggup kau gunakan secara gratis. Selain itu, kau juga sanggup mengubah source code linux ini sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kau sanggup menciptakan sebuah sistem operasi gres sesuai dengan harapan sendiri. Selain sistem operasinya yang gratis, ternyata ada beberapa aplikasi yang berbasis open source.

2. Praktis Didapat dan Diinstal
Alasan selanjutnya kenapa programmer lebih menentukan memakai linux ialah alasannya ialah proses instalasi yang mudah. Untuk sanggup memasang sistem operasi linux pada perangkat komputer atau laptop tidak begitu sulit, selain itu proses instalasi cukup cepat dibandingkan sistem operasi lain. Untuk master sistem operasi juga gampang didapatkan, yaitu dengan cara mendownload di situs resmi linux.

3. Support Banyak Bahasa Pemrograman
Inilah alasan programmer menentukan memakai Linux alasannya ialah sanggup mendukung banyak bahasa pemrograman. Hal inilah yang sangat diharapkan oleh seorang programmer biar sanggup memudahkan pekerjaannya ketika menciptakan sebuah program. Bahasa pemrograman yang telah support dalam sistem operasi linux ada C/C++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl, dan masih banyak lagi. Kecuali jikalau memang bahasa pemrograman tersebut hanya untuk platform tertentu (Visual Basic, Objective-C, Mac OS/iOS).

4. Tools yang Lengkap
Setelah mendukung banyak bahasa pemrograman, selanjutnya linux juga mempunyai beberapa aplikasi yang sanggup dipakai untuk mengolah dan menguji kode-kode yang sudah dibuat. Enaknya lagi, aplikasi-aplikasi tersebut sanggup dipakai secara free alias gratis.

5. Selalu Update
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang selalu melaksanakan update. Update yang dilakukan oleh linux termasuk cukup cepat jikalau dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Update sistem operasi linux biasanya setiap 6-9 bulan sekali. Update tentunya akan berisi pembaruan keamanan dan juga fitur-fitur lainnya.

6. Keamanan yang Lebih Unggul
Tingkat keamanan dalam sistem operasi linux lebih unggul jikalau dibandingkan dengan sistem operasi windows. Biasanya dalam sistem operasi windows, penggunanya sering mengeluhkan terjangkit virus trojan, adware, spyware, dan lainnya. Lain halnya pada sistem operasi linux yang hampir tidak pernah mengalami itu.

7. Ringan
Jika komputer atau laptop yang dipakai mempunyai spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, maka sistem operasi linux sangat cocok untuk digunakan. Sistem operasi Linux tidak membutuhkan resource yang cukup besar ketika diinstal.

Itulah beberapa alasan kenapa seorang programmer lebih suka memakai sistem operasi linux dibandingkan windows atau OSX. Jika ada komplemen atau alasan lain, kau sanggup memasukkannya pada kotak komentar di bawah ini.

0 Response to "7 Alasan Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows Atau Osx"

Post a Comment