-->

Solusi Mengatasi Koneksi Wifi Error (Obtaining Ip Address) Di Hp Android

Wifi yaitu jaringan near kabel yang biasanya sering dipakai sebagai alternatif supaya hp android sanggup terhubung ke internet, banyak pengguna menentukan jaringan wifi supaya ekonomis quota, namun tentu saja tidak semua jaringan wifi yang ada sanggup kita gunakan dan sambungkan, setidaknya anda harus tau passwordnya, alasannya yaitu kebanyakan wifi biasanya selalu diproteksi password dan hanya yang tau passwordnya saja yang sanggup memakai wifi tersebut.

Tapi perlu diketahui walaupun anda terkoneksi ke wifi anda belum tentu sanggup memakai layanan internet, kalau wifi yang anda gunakan memang tidak terhubung ke internet, jadi jangan heran kalau hp android anda sudah terhubung ke wifi namun tidak sanggup browsing, boleh jadi salah satu permasalahannya yaitu router wifi nya memang tidak dihubungkan ke internet.

Wifi yaitu jaringan near kabel yang biasanya sering dipakai sebagai alternatif supaya hp  Solusi mengatasi koneksi wifi error (obtaining ip address) di hp android


Ketika perangkat memakai koneksi wifi, bersama-sama perangkat akan mendapat ip address otomatis dari pengaturan DHCP wifi (dhcp = fitur jaringan untuk memberi ip address otomatis pada setiap perangkat yang terhubung, jadi pengguna tidak perlu memasukan ip address secara manual, kalo anda orang jaringan niscaya tau).

Seharusnya perangkat akan otomatis sanggup memakai wifi tersebut tanpa kendala, Tapi Sayangnya untuk beberapa masalah koneksi ke wifi terkadang sanggup muncul trouble, permasalahan yang cukup sering dialami oleh pengguna hp android yaitu obtaining ip address (mendapatkan alamat ip).

Ini penyebabnya yaitu alasannya yaitu rentang IP address otomatis yang dikasih oleh DHCP dari router wifi tidak sanggup diterima oleh perangkat hp android anda (kabarnya ini merupakan bug android), sehingga perangkat berusaha untuk memperoleh ip address berbeda yang sanggup diterima dengna munculnya pesan obtaining ip address.

Solusi koneksi wifi error obtaining ip address

Mungkin banyak pengguna android yang mendapat saran untuk mengganti password wifi yang dipakai atau memasukan ulang password wifi yang digunakan, namun sayangnya cara tersebut terkadang tidak berhasil mengatasi obtaining ip address.

Salah satu cara yang sanggup anda lakukan yaitu memasukan ip address secara manual (ip address statis) melalui kemudahan yang sudah disediakan di perangkat android anda.

Cara memasukan IP address Otomatis yaitu sebagai berikut:

1. Pengaturan IP Address Manual di HP ASUS Zenfone


a. Masuk ke pengaturan / settings

b. Pada halaman pengaturan silahkan cari dan klik pada opsi WIFI, untuk measuk ke halaman pengaturan wifi


c. Pada halaman pengaturan Wi-fi klik tombol titik 3 di sudut kanan atas, kemudian pilih sajian Tambahkan jaringan / add network

d. Centang pada opsi lanjutan / advanced option, anda akan melihat form isian sebagai berikut:
  • Nama jaringan : masukan apa saja, 
  • Keamanan  pilih salah satu,
  •  proxy biarkan tidak ada, 
  • Setelan IP pilih statis, kemudian silahkan masukan IP address dan juga Gateway, dan mungkin juga DNS (ip address, dns dan gateway yang harus anda masukan sanggup dilihat di uraian di bawah)

Sayangnya di beberapa brand hp kemudahan untuk pengaturan ip address statis (manual) mungkin berbeda-beda tergantung brand hpnya, anda sanggup cari di seting pada potongan wifi, ubek-ubek saja, atau cari tutorialnya, sory saya gak sajikan semua takut kepanjangan nantinya.

Lalu Berapa ip address DNS dan gateway yang harus dimasukan ?

Yang menjadi duduk kasus yaitu berapa ip address yang harus dimasukan. saya tau, banyak yang share cara ini namun kebanyakan isu yang ditawarkan yaitu dengan memasukan ip address asal, kesannya ada yang berhasil ada yang tidak.

IP address yang harus dimasukan tentu saja tidak ngasal, seharusnya IP address yang dimasukan harus sejenis dengan ip address yang dipakai oleh router Wifi tersebut.

Bagaimana cara mengetahuinya ?

Salah satu cara mengetahui ip address yang dipakai oleh router wifi, anda harus memakai Komputer, langkah-langkanya yaitu sebagai berikut:

1. Buka komputer anda.

2. Pastikan komputer sudah terhubung ke wifi yang ingin anda gunakan juga di hp android.

3. Jalankan command prompt kemudian ketikan perintah ipconfig, akan muncul isu menyerupai terlihat di gambar di bawah ini:


Jangan salah, Silahkan cari dan lihat isu di bawah goresan pena Wireless LAN adapter wireless network connection, untuk mengetahui ip address wifi, menyerupai gambar di atas, anda akan melihat data yang bertuliskan:
  • IPv4 Address :192.168.43.61
  • Subnetmask :255.255.255.0
  • Default Gateway :192.168.43.1 =DNS


IP address yang dipakai wifi sanggup anda lihat pada pada text  IPv4 Address yaitu 192.168.43.61 ,  di komputer anda sanggup saja berbeda.

Dengan acuan data di atas anda sanggup memakai ip address sejenis supaya perangkat sanggup terhubung, yaitu dengan mengganti angka 61 di ujung saja, dengan angka lainnya dari 2 s/d 254.

Misal jadi 192.168.43.10...atau 192.168.43.21

Sedangkan isu data subnet mask atau default gateway kalau diminta, masukan saja dengan data yang sama menyerupai di data di atas.

Itulah  Solusi mengatasi koneksi wifi error (obtaining ip address) di hp android, semoga membatu dan sanggup mengatasi permasalahan pada koneksi wifi di hp android anda.

0 Response to "Solusi Mengatasi Koneksi Wifi Error (Obtaining Ip Address) Di Hp Android"

Post a Comment