-->

Contoh Dongeng Teks Anekdot Beserta Struktur Dan Kaidahnya

  Contoh Cerita Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya – Menurut situs Wikipedia pengertian anekdot adalah sebuah dongeng singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menunjukan insiden atau hal yang sebenarnya, Anekdot sanggup saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar, karnea anekdot selalu disajikan beerdasakan pada insiden yang faktual dengan melibatkan orang orang yang sebenarnya, apakah populer atau tidak, biasanya disuatu daerah yang sanggup diidentifikiasi.

  Contoh dongeng anekdot banyak macamnya, ada yang bertemakan perihal kehidupan, pendidikan, sekolah, politik, hukum, sosial dan masih banyak lagi. Cerita anekdot itu pada umumnya tidak perlu panjang panjang, yang terpenting singkat dan sesuai dengan ciri ciri seta struktur anekdot.

Contoh Cerita Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya Contoh Cerita Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya


  Tujuan dari dongeng atau teks anekdot yaitu untuk membangkitakan tawa supaya sanggup menghibur para pembacanya, serta menggambarkan suatu huruf dengan singkat sehingga ia terhentak dalam kilasan permohonan yang pribadi pada intinya.

Struktur Cerita Anekdot :

1. Abstrak : Bagian awal paragraf yang membahasa perihal isi teks
2. Orientasi : Bagian yang menunjukan awal insiden atau latar belakang insiden itu terjadi
3. Even : Rangkaian atau jalan cerita.
4. Krisis : serpihan dimana terjadi hal atau persoalan yang tidak sanggup terjadi  pada biasanya pada diri penulis.
5.  Re Orientasi : Penutup Cerita

Kaidah Cerita Anekdot :

1. Menggunakan waktu lampau ; misalnya : aku tidak sanggup tidur semalam.
2. Menggunakan Pertanyaan rotoris; misalnya : apakah beliau tahu ?
3. Menggunakan kata penghubung atau kongjungsi, misalnya : kemudian, lalu, sesudah itu. Dll
4. Menggunakan kata kerja, misalnya : Pergi, berdiri, duduk dll.
5. Menggunakan kalimat perintah, misalnya : ambilah, buanglah, dll.
6. Menggunakan kalimat seru.

Contoh Cerita Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya :

Bodrex

  Suatu hari dibulan puasa , ada seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit, dengan panik sikakek pribadi meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya, cucunya melihat insiden itu pribadi bertanya, “Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat ?” tanpa tampang berdosa, si kakek pun pribadi menjawab, “ itulah okenya bodrex, sanggup diminum kapan saja !!"

Bagian serpihan struktur dari dongeng anekdot  ( bodrex ) diatas:

  1. Abstrak : suatu hari dibulan puasa
  2. Orientasi : seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit
  3. Krisis : dengan panik sikakek pribadi meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya
  4. Reaksi : Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat
  5. Koda : si kakek pun pribadi menjawab, “ itulah okenya bodrex, sanggup diminum kapan saja !!
Kesetrika
  Disiang hari yang panas, ada seorang laki-laki tiba kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar, Dokter : “Kenapa indera pendengaran anda” Pasien : “Begini dok, tadi aku sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu aku sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, sebab reflek, seketika itu seketrika yang aku pegang aku tempelkan ditelinga kanan aku dok.”  Dokter: “ Ooo.. aku paham keluhan anda, terus indera pendengaran yang satunya lagi kenapa ? Pasien : “ Lah itu dok si bego itu nelpon lagi“

Bagian serpihan struktur dari dongeng anekdot ( Kesetrika )  diatas:
  1. Abstrak : Disiang hari yang panas
  2. Orientasi : seorang laki-laki tiba kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar
  3. Krisis : Pasien : “Begini dok, tadi aku sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu aku sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, sebab reflek, seketika itu seketrika yang aku pegang aku tempelkan ditelinga kanan aku dok.
  4. Reaksi : “ Ooo.. aku paham keluhan anda, terus indera pendengaran yang satunya lagi kenapa ?
  5. Koda : Lah itu dok si bego itu nelpon lagi.
    Nah, itulah contoh teks anekdot yang lucu sekali beserta strukturnya, biar teman sanggup terhibur sesudah membaca dongeng anekdot diatas, aku aja ngakak uwehehehe.

0 Response to "Contoh Dongeng Teks Anekdot Beserta Struktur Dan Kaidahnya"

Post a Comment