-->

Cara Memperbaiki Kartu Memory Tidak Terbaca Dan Minta Diformat

Memperbaiki Memori Tidak Terbaca dan Minta Diformat – Halo Sobat MbahAndroid.com bagaimana kabarnya?. Pada postingan sebelumnya telah membagikan artikel perihal Aplikasi Pemutar Musik Dengan Lirik Di Android Terbaik. Nah pada kesempatan ini Mbah akan membagikan cara memperbaiki kartu memory ridak terbaca pada hp android. Seperti halnya produk elektronik pada umumnya kartu memory atau sering juga disebut microSD sanggup saja mengalami kerusakan. Biasanya kartu memory minta format pada dikala microSD dimasukkan ke smartphone, atau kartu memory tidak terbaca di smartphone. Ini merupakan salah satu tanda kartu microSD mengalami kerusakan, ada baiknya kalau terjadi menyerupai itu hal pertama yang harus Sobat lakukan yaitu memback up atau menyalin data penting atau foto/dokumen lainnya di smartphone Sobat.
Memperbaiki Memori Tidak Terbaca dan Minta Diformat Cara Memperbaiki Kartu Memory Tidak Terbaca dan Minta Diformat
Kartu Memori Tidak Terbaca dan Minta Diformat

Nah, kalau Sobat belum mem-back up atau menyalin photo atau dokumen penting tapi keburu microSD, Sobat tidak perlu panik berlebihan. Sobat sanggup mengikuti cara memperbaiki microSD tidak terbaca atau minta format yang telah Mbah rangkum dari beberapa sumber. Langsung saja kita lihat cara memperbaiki memori hp yang rusak tanpa diformat dan tanpa menghapus data di kartu memori di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kartu Memori SD Card (microSD) Rusak tanpa format


Untuk memperbaiki memory card yang rusak ini tentunya ada beberapa langkah-langkah yang sanggup Sobat lakukan. Baik inilah cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat :

1. Memberikan Memory Card

Hal pertama Sobat siapkan yaitu penghapus pensil yang bagus/baru dengan tekstur yang lembut dan lunak. Kemudian ambil kartu microSD yang tidak sanggup terbaca di android, kemudian gosok-gosik secara perlahan dan lembut penghapus tadi pada bab timah kuning emas yang terdapat di microSD. Sobat sanggup melakukannya beberapa kali kemudian bersihkan sisa-sisa karet penghapus di microSD. Nah sesudah itu coba Sobat pasangkan kembali ke smartphone. Biasanya microSD sudah sanggup terbaca di android. Biasanya pada lapisan timah tersebut di microSD kotor sehingga sanggup mengganggu proses pembacaan data yang dilakukan pada smartphone. Sehingga cara ini sanggup diaplikasikan untuk mengatasi kartu memori SD tidak terbaca.

2. Memformat Memory Card
Carakedua yaitu cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat, kalau Sobat tidak terdapat data-data yang penting, tentunya bukanlah sebuah problem yang besar.jika Sobat memformat microSD tersebut. Sesudah diformat maka kartu memory sanggup dipakai kembali di smartphone Sobat.

3. Tanpa Format MicroSD
Cara ketiga yaitu memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat, maka Sobat sanggup melakukannya dengan PC atau laptop. Caranya yaitu dengan menhubungkan terlebih dahulu kartu memori yang rusak ke komputer/laptop dengan card reader, sesudah itu pada nama microSD Sobat klik kanan > pProperties > pilih Tools > Check Now > berikan centang pada “Automatically Fix fFilee System Errors” kemudian “Scan for and Attempt Recovery of Bad Sector” > start. Dengan cara ini juga sanggup dipakai untuk memperbaiki flashdisk yang rusak.

4. Menggunakan CMD
Cara keempat juga sanggup untuk mengatasi kartu microSD rusak tanpa format. Cara ini juga memakai fitur yang disediakan pada komputer/laptop yaitu dengan CMD. Caranya ialah, klik start > ketik “CMD” pada kafe pencarian > ketik “chkdsk g: /f” (tanpa tanda kutip) > enter. Huruf “g” yaitu tempat/local disk dimana microSD terbaca, kalau microSD terbaca pada “E” maka ganti dengan “e”. Setelah itu biarkan beberapa menit hingga sistem mendeteksi permasalahan yang terdapat pada microSD Sobat. Apabila muncul “Windows Has Made Corrections To The File System”, maka itu tandanya microSD yang rusak berhasil diperbaiki. Cara ini juga sanggup dipakai pada flasdisk.

5. Menggunakan Software
Jika semua cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca atau minta format di atas tidak berhasil, maka Sobat sanggup memakai cara berikut. Cara ini merupakan cara terakhir yaitu dengan memakai software “EaseUS Data Recovery”. Software ini sangat mempunyai kegunaan untuk memindahkan semua data-data yang terdapat pada kartu memory (microSD) yang rusak kemudian dipindahkan ke komputer atau laptop. Nah untuk software EaseUS ini Sobat sanggup mendownloadnya disini.

Berikut yaitu cara memakai software EaseUS. Hubungkan kaertu memori yang rusak ke komputer kemudian buka software EaseUS. Apabila kartu microSD yang rusak sudah terdeteksi, maka Sobat klik “start”. Pada dikala semua file sudah muncul, tinggal Sobat pilih data atau file-file tersebut kemudian klik “recover” dan simpanlah ke directory yang Sobat inginkan. Setelah semua file/data berpindah, Nah kini Sobat tinggal memformat kartu memori yang terus menerus minta diformat tersebut dan jangan lupa untuk memindahkan kembali data-data ke kartu memori Sobat.

Demikianlah sedikit cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca di android semoga bermanfaat bagi Sobat dan semoga kartu memori Sobat sanggup dipakai kembali dan satu lagi “Jangan Lupa tinggalkan komentar di ba. Terima Kasih

0 Response to "Cara Memperbaiki Kartu Memory Tidak Terbaca Dan Minta Diformat"

Post a Comment