-->

Tutorial Cara Install Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar

Apakah teman tau apa itu Ubuntu? Ubuntu ialah salah satu distro yang dialamnya terdapat system operasi linux, dan Ubuntu sendiri juga memiliki turunan dari distro lain pada umumnya yaitu Debian. Pada dikala ini Ubuntu telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu versi 15.04 yang diluncurkan pada tahun 2014 tepatnya di bulan ke 4 (empat).

Ubuntu versi 15.04 ini sudah mengalami aneka macam perubahan terutama dari segi tampilan, apabila teman KomShare8 mau mencoba system operasi Ubuntu versi 15.04 ini teman bias mendownloadnya terlebih dahulu di sini. Lalu Bagaimana Langkah Selanjutnya Untuk Menginstall Ubuntu Versi 15.04? Jangan khawatir sobat, alasannya ialah pada pertemuan kali ini KomShare8 akan memperlihatkan Tutorial Lengkap Cara Menginstall Ubuntu Versi 15.04.


Cara Menginstall Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar


  1. Langkah pertama teman masukkan terlebih dahulu CD/DVD master Ubuntu versi 15.04
  2. Pastikan CD/DVD teman sanggup terbaca dengan baik
  3. Restart komputer/laptop milik sobat
  4. Langkah selanjutnya teman masuk ke pengaturan BIOS terlebih dahulu, kemudian teman pilih hidangan BOOT, dan tempatkan pada CD/DVD pada posisi Booting pertama diatas. Kemudian teman simpan.
  5. Dan biarkan komputer/laptop teman me-restart secara otomatis, dan tunggu proses selanjutnya
  6. Jika sudah selesai, langkah selanjutnya ialah teman pilih bahasa yang akan dipakai pada dikala proses penginstalan berlangsung, semoga teman memahaminya nanti saran dari KomShare8 sebaiknya teman memakai bahasa inggris. Jika sudah silahkan teman klik install Ubuntu.
  7. Selanjutnya untuk tahap ini teman tidak perlu merubah apapun, dan teman sanggup eksklusif klik Continue saja untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  8. Pada bab ini teman akan disuguhkan dengan sebuah opsi 2 pilihan, semoga lebih gampang teman pilih opsi kedua saja Something Else, tetapi biasanya pada opsi pilihan kedua ini nantinya teman akan menciptakan partisi pada harddisk dulu dan dilakukan secara manual, selanjutnya teman klik Continue.
  9. Dan akan muncul tampilan menyerupai dibawah ini yang nantinya teman akan menciptakan sebuah partisi gres pada harddisk, silahkan teman pilih New Partition Table.
  10. Selanjutnya teman klik Continue saja
  11. Disini kita memiliki kapasitas harddisk yang berukuran 350GB yang nantinya akan dibagi menjadi 2 partisi, dan untuk menciptakan partisi teman klik tanda (+) atau tambah.
  12. Pada partisi pertama teman sanggup menciptakan sebuah partisi yang dimana nantinya data-data teman akan disimpan baik data instalan maupun data-data lainnya. Pertama tentukan partisi yang akan teman buat, selanjutnya teman pilih Primary, kemudian pilih Beginning Of This Space. Selanjutnya pada kotak Use as teman sanggup pilih Ext4 Journaling File System, kemudian pada kotak Mount Point teman pilih / kemudian klik Ok.
  13. Selanjutnya teman akan menciptakan partisi kedua, teman pilih tanda (+) atau tambah dulu, kemudian teman akan melihat tampilan gambar persis menyerupai dibawah ini. Dan teman sanggup tentukan kapasitas pada partisi ini, pilih Logical, kemudian teman pilih Beginning Of This Space, kemudian pada kotak Use as pilih Swap Area. Partisi Swap Area ini merupakan partisi yang wajib, alasannya ialah Swap Area merupakan sebuah partisi yang nantinya akan menjadi sebuah Memory Virtual dengan memakai harddisk sebagai media utamanya. Untuk ukuran memory Swap Area ini biasanya jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran RAM pada komputer/laptop sobat, dan kalau teman ingin menciptakan Memori Virtual (SWAP) dengan ukuran RAM komputer/laptop teman maka ukuran SWAP-na akan menjadi 8GB. SIlahkan teman klik Ok. Maka karenanya akan tampil menyerupai ini, dan teman telah final menciptakan 2 buah partisi yaitu / dan Swap Area.
  14. Langkah selanjutnya teman pilih klik Install Now
  15. Kemudian teman pilih Continue
  16. Lalu pilih zona waktu teman (Jakarta, Indonesia), kemudian pilih Continue
  17. Selanjutnya teman pilih bahasa masukkan (Inputan) Pilih English Us
  18. Kemudian teman akan disuruh mengisikan data untuk user dengan lengkap, usahakan isi data dengan benar semoga gampang diingat oleh sobat. Setelah Selesai klik Continue.
  19. Dan proses penginstalan dan penyalinan data pun dimulai, silahkan teman tunggu proses ini hingga selesai. Biasanya proses ini memakan waktu 15-20 menitan.
  20. Setelah proses penginstalan final maka akan ada sebuah perintah pada tampilan, kemudian teman sanggup menentukan Restart Now.
  21. Dan sehabis komputer/laptop teman direstart, teman sanggup mengeluarkan CD/DVD Ubuntu 15.04 dari komputer/laptop sobat. Lalu teman sanggup isikan dengan data/password sesuai dengan yang tadi teman buat sebelumnya.
  22. Proses penginstalan pun telah final dan dibawah ini ialah tampilan Home page dari Os Ubuntu Versi 15.04.

Demikianlah tutorial yang KomShare8 berikan untuk teman semoga artikel ini sanggup membantu teman dalam Menginstall Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar.

0 Response to "Tutorial Cara Install Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar"

Post a Comment