-->

Pengertian Wacana Struktur Dan Fungsi Komputer

Kali ini kita akan membahas wacana apa itu stuktur dari komputer beserta dengan fungsinya juga. Oke, eksklusif saja masuk ke materinya !

Struktur dan Fungsi Komputer

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari setiap komponen yang saling terkait. Struktursebuah komputer secara sederhana, sanggup digambarkan dalam diagram blok pada gambar dibawah.

 Kali ini kita akan membahas wacana apa itu stuktur dari komputer beserta dengan fungsiny Pengertian Tentang Struktur Dan Fungsi Komputer

Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai cuilan dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas ialah sebagai berikut:

1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer.

2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluarannya sanggup berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

3. I/O Ports
Bagian ini dipakai untuk mendapatkan ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan mempunyai dua cuilan fungsi operasional, yaitu: ALU(Arithmetical Logical Unit) sebagai sentra pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5. Memori
Memori terbagi menjadi dua cuilan yaitu memori internal dan memori eksternal.Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan aktivitas yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read OnlyMemory) yaitu memori yang hanya sanggup dibaca dan mempunyai kegunaan sebagai penyedia isu pada ketika komputer pertama kali dinyalakan.

6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu ketika tertentu masing-masing saluran hanya sanggup membawa 1 bit data, maka jumlah saluran memilih jumlah bit yang sanggup ditransfer pada suatu saat. Lebar data busini memilih kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU sanggup membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16,32, atau 64 jalur paralel.

7. Address Bus
Digunakan untuk menerangkan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

8. Control Bus
Control Bus dipakai untuk mengontrol penggunaan serta susukan ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 hingga 10 jalur paralel.

Input Device

Input device ialah alat yang dipakai untuk mendapatkan input dari luar sistem, dan sanggup berupa signal input atau maintenance input. Didalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa aktivitas yang dipakai untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain dipakai untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal sanggup dihubungkan ke sistem komputer dengan memakai kabel eksklusif atau lewat alat komunikasi.

Terminal sanggup digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak sanggup diprogram sebab tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan menyerupai ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya
sehingga inputyang terlanjur dimasukkan sanggup dikoreksi kembali.Walaupundemikian, terminal jenis ini tidak sanggup diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal sanggup diprogram oleh pemakai.

Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input sanggup digolongkan menjadi alat input eksklusif dan tidak langsung. Alat input eksklusif yaitu input yangdimasukkan eksklusif diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak eksklusif melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input eksklusif sanggup berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touchscreen, lightpen, digitizergraphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizingcamera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak eksklusif contohnya key punch yang dilakukan melalui media punchedcard (kartuplong), key-to-tapeyang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

Output Device

Output yang dihasilkan dari pemroses sanggup digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu goresan pena (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang sanggup dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan  pertama ialah output yang sanggup dipakai eksklusif oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya dipakai sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Peralatan output sanggup berupa: 
Hard-copy device, yaitu alat yang dipakai untuk mencetak goresan pena dan image pada media keras menyerupai kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang dipakai untuk menampilkan goresan pena dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang dipakai untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya sanggup dibaca oleh mesin pada media menyerupai magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Output bentuk pertama sifatnya ialah permanendan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan sanggup dibawa kemana-mana). Alat yang umum dipakai untuk ini ialah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua sanggup berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang memakai media magnetic disk ialah disk drive, dan yang memakai media magnetic tape ialah tape drive. 


Nah, kiranya itulah sedikit wacana Struktur dan Fungsi Komputer, biar menjadi manfaat untuk sahabat semua. Terimakasih

0 Response to "Pengertian Wacana Struktur Dan Fungsi Komputer"

Post a Comment