-->

Pengertian Dan Macam-Macam Router Beserta Cara Kerjanya

Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman semua untuk membahas wacana apa itu pengertian router beserta macam-macam router dan cara kerjanya. Mungkin diantara teman semua sudah mengetahui wacana apa itu router, bagaimana bentuk router, fungsi router. Tetapi saya yakin mungkin banyak diantara teman semua yang belum paham betul wacana apa itu router dan cara kerjanya. Selain itu juga mungkin masih sulit membedakan antara router OS dan routerboard. Oke eksklusif saja saya akan menjelaskan secara rinci wacana apa itu router.

 Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman semua untuk membahas wacana apa itu pe Pengertian dan Macam-Macam Router beserta Cara Kerjanya

Pengertian Router

Pengertian Router yaitu perangkat jaringan yang dipakai untuk membagi Protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya sob. Kaprikornus bila di istilahkan router merupkan perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan 2 atau lebih jaringan. Tetapi router itu berbeda dengan switch sob, kalau router berfungsi menghubungkan 2 atau lebih jaringan LAN, sedangkan switch berfungsi menghubungkan beberapa perangkat untukmembentuk jaringan LAN.

Jadi, router yaitu sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan menyerupai Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Kemudian router mempunyai fungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Router sanggup dipakai untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork  untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang dipakai untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang memakai media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia sanggup menghubungkan komputer dengan memakai radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, menyerupai halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Fungsi Router

Fungsi- fungsi router secara umum yaitu :
  1. Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa  jaringan untuk memberikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, alasannya yaitu Switch hanya dipakai untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router dipakai untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.
  2. Router juga berfungsi untuk menstran misikan isu dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya menyerupai BRIDGE.
  3. Router juga berfungsi untuk menhubungkan jaringa lokal kesebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melaksanakan penapisan paket menurut sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua router mempunyai fungsi yang sama. Router yang mempunyai fitur penapisan paket sanggup juga disebut sebagai packet – filtering router. Fungsi umum router ini memblokir lalulintas data yang dipancarkan secara broad cast sehingga sanggup mencegah adanya broad cast storm yang bisa menjadikan kinerja jaringan melambat.


Jenis - jenis Router

Jenis router ada 3 macam yaitu router PC, router hardware, dan router aplikasi.
  1. Router PC merupakan Sistem Operasi yang mempunyai kemudahan mensharing dan membagi IP Address
  2. Router Hardware merupakan perangkat yang mempunyai kemampuan menyerupai router, sehingga perangkat keras tersebut sanggup membagi dan memancarkan, serta mensharing IP Address.
  3. Router Aplikasi merupakan aplikasi yang bisa diinstal pada Sistem Operasi sehingga menciptakan Sistem Operasi itu mempunyai kemampuan menyerupai router, misalnya WinProxy, SpyGate, WinGate, dan WinRoute.


Cara Kerja Router

Nah, jadi kita ilustrasikan saja sob untuk cara kerja router ini, coba teman perhatikan gambaran dibawah
Ilustrasi mengenai cara kerja router ini sanggup dilihat pada gambar dibawah :

 Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman semua untuk membahas wacana apa itu pe Pengertian dan Macam-Macam Router beserta Cara Kerjanya

Cara kerja router sanggup dilihat pada gambar diatas. Pada gambar diatas terdapat dua buah network yang terhubung pada sebuah router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat 192.168.1.0 serta pada network yang sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router mempunyai alamat 192.155.2.0.
  • Komputer A mengirim sebuah data kepada komputer C, router tidak akan meneruskan data tersebut kepada jaringan yang lainnya.
  • Begitu juga apabila saat komputer F mengirim sebuah data kepada komputer E, router tidak akan meneruskan paket data tersebut kepada network yang lainnya.
  • Barulah saat komputer F mengirimkan sebuah data kepada komputer B, router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.

Nah, kemudian Router juga mempunyai tabel routing yang berisikan isu alamat tujuan, jarak menunju network tujuan yang di istilahkan dengan metric dan juga interface yang terhubung dengan network tujuan.Dalam tabel routing terdapat static route dan dynamic route yaitu :
Stastic Route yaitu Proses pengisian tabel routing yang dilakukan secara manual oleh administrator
Dynamic Route yaitu Proses pengisian tabel routing yang dikelola oleh routing protocol. beberapa protocol yang biasa dipakai yaitu RIP, IGRP, OSPF, BGP, dan lain – lain.

 Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman semua untuk membahas wacana apa itu pe Pengertian dan Macam-Macam Router beserta Cara Kerjanya
Jika kita membicarakan wacana mikrotik tentunya ada perbedaan mengenai router OS dan routerboard. Mikrotik router OS dan routerboard yang membedakan hanya tampilan dan cara konfigurasi mikrotiknya saja sob. Namun, lebih gampang memakai routerboard alasannya yaitu tampilannya berupa grafik kita tidak perlu menuliskan perintah - perintah menyerupai router OS yang tampilannya memakai CLI. Kaprikornus router OS memakai perintah manual sehingga masih terlihat sulit untuk pengguna pemula.

Kaprikornus itulah klarifikasi wacana apa itu router, supaya klarifikasi diatas sanggup memperlihatkan pemahaman terhadap teman semua. Semoga bermanfaat sob dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada rekan teman semua. Terimakasih

0 Response to "Pengertian Dan Macam-Macam Router Beserta Cara Kerjanya"

Post a Comment