-->

Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi

 Ketika gres berguru coding niscaya kita pernah mendapatkah hasil error  Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi


Ketika gres berguru coding niscaya kita pernah mendapatkah hasil error . Error dalam berguru merupakan hal yang masuk akal dan sanggup terjadi pada setiap orang . Misalnya kita menciptakan sebuah coding dimana kita ingin meminta inputan berupa angka namun yang terjadi yaitu kita memasukan bukan angka , maka akan terjadi error dan kegiatan pun di paksa berhenti . Hal ibarat itu sanggup kita sebut sebagai eksepsi .

Apa itu eksepsi ??

Eksepsi merupakan sebuah kondisi abnormal yang terjadi pada suatu runtun aba-aba ketika kegiatan sedang dijalankan. Contoh yang lain contohnya kita ingin melaksanakan pembagian dengan angka 0 . Ingat dalam matematika bahwa pembagian dengan angka 0 tidak di mungkinkan , java pun ibarat itu . Akhirnya kegiatan akan muncul error ketika di jalankan .

Bagaimana cara menciptakan kegiatan tetap berjalan walaupun terdapat error ??

Tenang java sanggup menjawab pertanyaan di atas , jawabanya yaitu dengan penanganan eksepsi . Perhatikan code di bawah ini .
 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (Exception e) {             System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());         } 
Diatas kita sebut dengan blok try-catch . Didalam blok try kita isi dengan coding yang kira-kira akan membangkitkan error ketika di run . Error di sini sanggup ibarat pola error yang ada di atas dan masih banyak lagi error yang lain . Kemudian di dalam blok catch berisi perihal penanganan yang akan kita lakukan ketika terjadi error . Misalnya ketika terjadi error kita ingin menampilkan lantaran errornya .

Dalam try-catch sanggup terdapat lebih dari satu catch (penanganan error) lantaran kondisi sanggup di spesifikan ke error yang akan di timbulkan . Namun kalau kawan-kawan resah dengan apa kira-kira error yang akan terjadi maka sebaiknya gunakan saja yang default .Oh ya apakah kawan-kawan tertarik untuk menciptakan tampilan coding ibarat di halaman ini ??? kalau tertarik silahkan baca menciptakan codingan di blogspot .
 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (ArithmeticException ae) {             System.out.println("Masalah = "+ae.getMessage());         } catch (InputMismatchException ime) {             System.out.println("Masalah = "+ime.getMessage());         } 
Kemudian berikutnya yaitu statement finally sesudah catch . Finally akan tetap di sanksi ketika terjadi atau tidak terjadi errror . Biasanya finally tidak begitu di gunakan .Saya juga kurang begitu paham apa kegunaan dari finally ini sebenarnya.
 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (Exception e) {             System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());         } finally{             System.out.println("Final akan tetap di eksekusi");         } 
Dalam bahasa pemrograman lain pun ada penanganan eksepsinya namun agak berbeda bentuk . Kaprikornus gunakan try-catch ketika kita menciptakan sebuah coding yang kira-kira akan membangkitkan error . Tetap semangat coding dan terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java .

Download coding bahan ini di bawah .

DOWNLOAD

0 Response to "Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi"

Post a Comment