-->

Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi



Pada pembahasan yang kemudian kita sudah berguru apa itu array . Saya singgung sedikit bahwa array merupakan salah satu penyimpanan data yang ada di java . Selengkapnya silahkan baca di Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama.
 Pada pembahasan yang kemudian kita sudah berguru apa itu array  Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi

Kali ini kita akan membahas perihal matrik .

Apa itu matrik ???

Yang aku maksud bukan film matrik itu ya , melainkan matrik yang ada di java . Bagi yang ingin tau apa itu matrik , baca terus ya jangan ganti chanelnya hehehe...

Jika kawan-kawan pernah berguru matematika pastinya udah tau dong konsep matrik . Di java pun matrik sama ibarat matrik yang ada di matematika. Nah kalo di java matrik itu merupakan array 2 dimensi , terdapat baris (kanan ke kiri) dan juga kolom (atas ke bawah ). 

Bagaimana cara menciptakan matrik di java ???

Perhatikan coding di bawah ini .
       // MEMBUAT MATRIK BUAH        String [][] buah = new String[2][2]; 

Kalo kita perhatikan sama kan ibarat array , ya sama lah itukan juga array cuma dimensinya tidak satu . Sama ibarat array kita hanya sanggup menyimpan satu tipe data dalam matrik . Kemudian perhatikan ada 2 buah kotakan, kan kalo di array cuma ada satu aja . Kalo di matematika kita menyebutnya dengan ordo (baris x kolom) . 

Kita sanggup menciptakan setiap baris mempunyai kolom yang berbeda . Caranya ibarat berikut .
       // MEMBUAT DAN MENGISI MATRIK MAKANAN        String [] [] kuliner = {{"Mi ayam","Martabak"},                                {"Nasi Goreng"},                                {},                                {"Soto","Bakso","Sate"}}; 


Makara banyaknya kolom dalam baris sanggup tidak sama , namun kebanyakan penggunaanya selalu sama antara kolom di baris 1 dengan baris lainnya .

Bagaimana cara mengisinya ???

Sama saja ibarat array , cuma kini indeksnya ada baris dan kolom . Makara harus ditentukan ada di baris berapa dan kolom berapa .
       // MENGISI MATRIK BUAH        buah[0][0] = "Pisang";        buah[0][1] = "Semangka";        buah[1][0] = "Melon";        buah[1][1] = "Anggur"; 
Jika indeks yang di jalan masuk melebihi batas matrik maka akan error juga . Makara perhatikan batasnya .

Bagaimana kita menampilkannya ???

Sama saja sih ibarat array hanya kalo di array kita sanggup eksklusif menunjuk indeks ke berapa , nah kalo di matrik harus menunjuk baris dan kolom ke berapa . Bisa kita menampilkannya secara sendiri-sendiri.
 System.out.println("Isi dari array buah indeks 1,1 " + buah[1][1]); 
Bisa juga kita menampilkannya dengan looping for

Kalo di array kita sanggup mengetahui jumlah maksimal yang sanggup di tampung dengan fungsi namaArray.length . Sedangkan jikalau di matrik caranya agak berbeda sedikit , terdapat 2 buah jumlah maksimal adalah baris dan kolom . 

Untuk mengetahui banyaknya baris sanggup eksklusif kita ketikan namaMatrik.lenght . Untuk mengetahui banyaknya kolom harus ibarat ini namaMatrik[baris].length .

        System.out.println("Banyak baris di array kuliner = " + makanan.length);         System.out.println("Banyak kolom di baris ke 2 = " + makanan[2].length);         System.out.println("Banyak kolom di baris ke 3 = " + makanan[3].length); 

Kalo coding di atas di coba di run menjadi ibarat ini .

 Pada pembahasan yang kemudian kita sudah berguru apa itu array  Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi


Demikian pembahasan kita perihal matrik . Perlu di ketahui juga selain array dan matrik ada juga array multidimensi (dimensi 3 dan seterusnya) . Namun untuk array multidimensi agak sulit dibayangkan jikalau memakai konsep baris dan koloom .

Untuk codingnya silahkan di download di bawah.


0 Response to "Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi"

Post a Comment