-->

Jenis-Jenis Dan Siklus Hidup Virus Pada Komputer

Nama atau istilah Virus niscaya sering disebut-sebut oleh kalangan pengguna komputer atau smartphone. Memang terkadang virus tidak terlihat oleh pengguna tetapi hanya sistem komputer itu sendiri yang merasakan. Hehehe ... Kemudian Virus komputer juga diartikan sebagai suatu kegiatan komputer biasa. Tetapi mempunyai perbedaan yang fundamental dengan program-program lainnya,yaitu virus dibentuk untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan hingga merusaknya. Kaprikornus terkadang kegiatan ini mempunyai fungsi pada sistem, tetapi tanpa kita sadari kegiatan ini menularkan nanah yang sanggup menggangu dalam mengoperasikan komputer, bahkan sanggup merusak sistem komputer. Tetapi ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila kegiatan pemicu atau kegiatan yang telah terinfeksi tadi.

Nama atau istilah Virus niscaya sering disebut Jenis-Jenis dan Siklus Hidup Virus pada Komputer

JENIS – JENIS VIRUS 

Virus sendiri tidak hanya seorang diri saja, tetapi virus juga mempunyai jeni-jenis yang berbeda, diantaranya menyerupai klarifikasi dibawah :

1. Virus Makro 
Jenis virus ini niscaya sudah sangat sering kita dengar. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini sanggup berjalan apabila aplikasi pembentuknya sanggup berjalan dengan baik. Kaprikornus misalnya menyerupai ini sob, jikalau pada komputer mac dijalankan aplikasi Word, maka virus makro yang dibentuk dari bahasa makro Word sanggup bekerja pada komputer bersistem operasi Mac ini.

Contoh virus: 
  1. Varian W97M, misal W97M.Panther : Ukuran 1234 bytes, akan menginfeksi NORMAL.DOT dan menginfeksi dokumen apabila dibuka. 
  1. WM.Twno.A;TW : Ukuran 41984 bytes, akan menginfeksi Dokumen Ms.Word yang memakai bahasa makro, biasanya berekstensi *.DOT dan *.DOC 

2. Virus Boot Sector 
Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam meniru dirinya, akan memindahkan atau menggantikan boot sector orisinil dengan kegiatan booting virus. Sehingga dikala terjadi booting maka virus akan diload ke memori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (contoh : monitor, printer, dsb) dan dari memori ini juga virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer (contoh : floopy, drive lain selain drive c:). 

Contoh virus : 
  1. Varian virus wyx : Seperti wyx.C(B) menginfeksi boot record dan floopy, kemudian mempunyai ukuran :520 bytes; Karakteristik : memory resident dan terenkripsi. 
  2. Varian V-sign : Virus yang menginfeksi Master Boot Record, mempunyai ukuran 520 bytes; Karakteristik : menetap di memori (memory resident),terenkripsi, dan polymorphic).
  3. Stoned.june 4th/ bloody! :Virus yang menginfeksi Master Boot Record dan floopy, mempunyai ukuran 520 bytes; Karakteristik : menetap di memori (memory resident), terenkripsi dan menampilkan pesan "Bloody!june4th 1989" sehabis komputer melaksanakan booting sebanyak 128 kali. 

3. Stealth Virus 
Virus ini akan menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering di kenal dengan sebutan "Interrupt interceptor". Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya. 

Contoh virus : 
  1. Yankee.XPEH.4928 : Yaitu virus yang menginfeksi file *.COM dan *.EXE, mempunyai ukuran 4298 bytes; Karakteristik: menetap di memori, ukuran tersembunyi, mempunyai pemicu.
  2. WXYC (yang termasuk kategori boot record pun alasannya masuk kategori stealth dimasukkan pula disini), Menginfeksi floopy an motherboot record, mempunyai ukuran bytes; Karakteristik : menetap di memori; ukuran dan virus tersembunyi. 
  3. Vmem(s): Virus yang menginfeksi file file *.EXE, *.SYS, dan *.COM ; Ukuran 3275 bytes; Karakteristik :menetap di memori, ukuran tersembunyi, di enkripsi. 

4. Polymorphic Virus 
Virus ini Dirancang buat mengecoh kegiatan antivirus, artinya virus ini selalu berusaha semoga tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali simpulan menginfeksi file/program lain. 

Contoh virus: 
  1. Necropolis A/B, Menginfeksi file *.EXE dan *.COM; Ukuran 1963 bytes; Karakteristik: menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi,terenkripsi dan sanggup berubah ubah struktur 
  2. Nightfall, Menginfeksi file *.EXE; Ukuran 4554 bytes; Karakteristik : menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi,memiliki pemicu, terenkripsidan sanggup berubah-ubah struktur  

5. Virus File/Program 
Virus ini menginfeksi file-file yang sanggup dihukum pribadi dari sistem operasi, baik itu file *.EXE, maupun *.COM biasanya juga hasil nanah dari virus ini sanggup diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.

6. Multi Partition Virus 
Virus ini merupakan adonan dari virus boot sector dan virus file. Kaprikornus virus ini mempunyai pekerjaan ganda, adalah beliau sanggup menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.

Nama atau istilah Virus niscaya sering disebut Jenis-Jenis dan Siklus Hidup Virus pada Komputer

SIKLUS HIDUP VIRUS 

Kemudian virus sendiri juga mempunyai siklus hidup sob, dan secara umum siklus hidup virus melalui hingga 4 tahap, sebagai berikut :

1. Dormant phase ( Fase Istirahat/Tidur ) 
Pada fase ini virus tidaklah aktif. Virus akan diaktifkan oleh suatu kondisi tertentu, semisal: tanggal yang ditentukan, kehadiran kegiatan lain/dieksekusinya kegiatan lain, dsb. Tidak semua virus melalui fase ini.

2. Propagation phase ( Fase Penyebaran ) 
Pada fase ini virus akan mengkopikan dirinya kepada suatu kegiatan atau ke suatu daerah dari media storage (baik hardisk, RAM dsb). Setiap kegiatan yang terinfeksi akan menjadi hasil “kloning” virus tersebut (tergantung cara virus tersebut menginfeksinya).  

3. Trigerring phase ( Fase Aktif ) 
Di fase ini virus tersebut akan aktif dan hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi menyerupai pada Dormant Phase.

4. Execution phase ( Fase Eksekusi ) 
Pada fase inilah virus yang telah aktif tadi akan melaksanakan fungsinya. Seperti menghapus file, menampilkan pesan-pesan, dan sebagainya.

Kaprikornus sob, sebagai pengguna komputer setidaknya kita harus mengetahui perihal apa itu virus semoga kita sendiri sanggup mewaspadainya semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sekian dulu sob bahan yang sanggup aku bagikan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Jenis-Jenis Dan Siklus Hidup Virus Pada Komputer"

Post a Comment