-->

Coding Looping While Dalam Bahasa Java

Kalo sering mengikuti postingan blog saya ini niscaya kawan-kawan sudah tahu apa itu looping . Sudah saya jelaskan pada postingan yang dahulu wacana looping for di java . Selengkapnya silahkan baca apa itu looping for di java .

 Kalo sering mengikuti postingan blog saya ini niscaya mitra Coding Looping While Dalam Bahasa Java


Apa Perbedaan antara looping for dan while ???

Saya ulang sedikit ya looping mempunyai kegunaan untuk mengulang coding kita biar coding kita tidak membengkak . Looping merupakan hal yang wajib di pelajar tidak ada kata tapi , sebab sangat penting dalam coding kita .

Sebenarnya di dalam java terdapat 3 buah jenis looping yaitu looping for , looping while dan looping do while . Nah kali ini kita bahas dulu yang for dan while .

Jadi apa sih beda antara keduanya ???

Begini mitra , inget kan kalo for itu looping yang kita udah tahu batasnya . Makara looping akan terus melooping hingga dengan batas yang sudah kita menetapkan . Nah kalo while , kita belum tahu batasnya . Terus kalo tidak tahu batasnya bagaimana ??? Jangan resa dan jangan resah . Maksud dari kita belum tahu batasnya di sini , kita tidak sanggup memilih pastinya batasnya berapa kali looping . Makara yang memilih batasnya yaitu kondisi yang akan kita pakai , while akan terus melooping hingga ketemu kondisi untuk berhenti .

Bagaimana cara kita menciptakan looping while ???

Secara default coding untuk while menyerupai ini .
        while(kondisi){             // Isi yang akan di looping         } 
Siapkan beberapa variabel di bawah ini .
        // Variabel yang di butuhkan          boolean stop = false;         int counter = 0;         int kunci = 4; 
Saya akan jelaskan sedikit , variabel stop mempunyai kegunaan untuk kondisi apakah looping while akan terus atau berhenti. Kemudian variabel counter mempunyai kegunaan untuk menghitung banyaknya looping yang akan di lakukan . Lalu variabel kunci untuk kunci yang harus di temukan.

Kemudian incrementkan counter biar kita tahu ini loopingan ke berapa . Disini saya akan mengacak angka dari 0 - 9 , di sini saya memakai pustakan java . Kelas math dalam java menyediakan beberapa fungsi untuk operasi matematika termasuk mendapat angka random . Untuk mendapat angka antara 0 - 9 buat coding menyerupai di bawah ini .
            // Dapatkan angka random             int acak = (int)(Math.random()*10); 
Kemudian tampilkan angka yang berhasil kita dapatkan .
 System.out.println(acak); 
Buat kondisi biar looping mau berhenti . Caranya dengan penyeleksian kondisi dengan if , buat kondisi kalau angka yang kita random tadi kesannya sama dengan isi dari variabel kunci . Ketika kondisi if terpenuhi , kita ubah nilai dari variabel stop menjadi true . Sehingga looping sanggup berhenti sebab kodisi untuk looping while tidak terpenuhi.
            // Berhenti kalau sudah mendapat angka yang di cari             if(acak == kunci){                 stop = true;             } 
Dibawahnya kita tampilkan angka kunci di temukan pada loopingan ke berapa . Tampilkan juga berapa kali looping di lakukan .
        System.out.println("Looping while untuk mendapat angka " + kunci + " ialah sebanyak "+counter);         System.out.println("While berhenti pada looping ke " + counter); 
Hasilnya kalau di run akan menyerupai ini .

 Kalo sering mengikuti postingan blog saya ini niscaya mitra Coding Looping While Dalam Bahasa Java


Akhirnya final juga pembahasan looping while kita kali ini . Terus nantikan postingan berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu wacana java.

Download coding bahan ini di bawah .

DOWNLOAD


0 Response to "Coding Looping While Dalam Bahasa Java"

Post a Comment