-->

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai? Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau begitu, mari temukan jawabannya dalam artikel ini.

Laptop banyak dipakai alasannya yaitu sanggup mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan memakai laptop, kita sanggup menciptakan dan menuntaskan sebuah pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Hal ini tidak terlepas alasannya yaitu adanya baterai pada laptop. Dengan adanya baterai, setidaknya laptop sanggup bertahan 3-4 jam tanpa harus mencolokkannya ke arus listrik.

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Apakah Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?


Nah, permasalahannya yaitu bila baterai laptop rusak apakah kondusif menyalakan laptop tanpa baterai?

Sudah hampir 3 tahun, kami memakai laptop tanpa baterai dan hingga dikala ini aman-aman saja. Tidak ada komponen laptop yang rusak.

Alasan kami tidak memakai baterai yaitu alasannya yaitu capek  dan merasa rugi ketika harus membeli baterai yang baru. Kami sudah menukar dengan baterai yang gres sebanyak 2 kali. Baterai gres tersebut kurang lebih hanya bertahan 6 bulan saja, sehabis itu rusak lagi. Entah apa yang salah, bahkan kami sudah mengganti charger laptop yang digunakan, tetapi masih tetap juga baterai nya rusak. Karena merasa capek dan dirugikan, alhasil kami memutuskan untuk melepas baterai tersebut dan menyalakan laptop tanpa baterai.

Dalam sehari mungkin laptop yang kami gunakan ini menyala sekitar 10 jam dan tergantung kebutuhan.

Tips Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai


Berikut ini akan kami berikan beberapa tips supaya tetap kondusif ketika menyalakan laptop tanpa baterai. Berikut tips-tips nya:

  1. Pastikan Anda tinggal di tempat yang listriknya jarang padam.
  2. Jika tempat Anda sering mengalami pemadaman listrik, maka kami sarankan untuk memakai UPS.
  3. Akan lebih baik bila Anda mengikuti akun media umum dari PLN supaya sanggup mendapat gosip seputar pemadaman bergilir (opsional).
  4. Berikan beberapa jam untuk laptop beristirahat. 

Kenapa disini kami menekankan mengenai listrik? Makara begini, bila Anda menyalakan laptop tanpa baterai, otomatis Anda harus mencolokkan chargernya ke pedoman listrik. Jika alur listrik mati secara mendadak, maka akan sanggup merusak komponen laptop Anda. Hard disk yaitu komponen yang sangat rentan mengalami kerusakan bila listrik mati mendadak, begitu juga dengan motherboard. Untuk komponen yang lain mungkin tidak ada masalah.

Kesimpulan


Dapat disimpulkan bahwa menyalakan laptop tanpa baterai sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya tetap memakai baterai supaya laptop sanggup dipakai dalam waktu yang lama.

Namun, menurut pengalaman pribadi, menyalakan laptop tanpa baterai boleh-boleh saja dan aman-aman saja. Tetapi Anda harus tetap memperhatikan kondisi listrik disekitar. Pastikan laptop Anda tidak sering mati mendadak.

0 Response to "Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?"

Post a Comment