-->

Hal-Hal Yang Dipelajari Dalam Jurusan Ilmu Komputer

Computer Science merupakan istilah lain untuk ilmu komputer. Secara garis besar ilmu komputer merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komputasi baik dari segi perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunaknya (software). Ada bermacam-macam topik dalam ilmu komputer mulai dari analisis logaritma ajaib sampai subjek yang lebih faktual menyerupai bahasa pemrograman, perangkat keras dan perangkat lunak. Teknik komputer lebih berfokus pada hal-hal yang berafiliasi dengan perangkat kerasnya sedangkan ilmu komputer lebih menekankan pada rekayasa perangkat lunak dan bahasa pemrograman.

Ilmu komputer mempelajari apa yang bisa dikerjakan oleh beberapa kegiatan dan juga yang tidak bisa dikerjakan oleh suatu program, algoritma (bagaimana sebuah kegiatan harus mengevaluasi informasi), dan bagaimana kegiatan tersebut berkomunikasi dengan penggunanya. Akar dari ilmu komputer yaitu matematika, linguistik dan elektronika.

Hal-hal yang Dipelajari dalam Jurusan Ilmu Komputer


Sistem Informasi

Sistem informasi yaitu suatu aplikasi yang berfungsi untuk mendukung operasi dari sebuah organisasi menyerupai data, komputer, perangkat lunak, operasi instalasi dan perawatan komputer. Dalam sistem informasi bisa terdiri dari beberapa adonan elemen teknologi berdasar komputer yang saling berafiliasi antara satu dengan lainnya berpegang pada aturan kerja sesuai ketetapannya sehingga bisa mengolah data menjadi informasi dan bisa dipakai untuk mendukung keputusan.

Ilmu Informasi

Ilmu informasi yaitu ilmu komputer yang mempelajari informasi dan data meliputi bagaimana menganalisa, menyimpan, menginterpelasi serta mengambilnya kembali. Ilmu informasi ini sering dipakai sebagai dasar untuk menganalisa komunikasi dalam bentuk data.

Rekayasa Perangkat Lunak

Pada prinsipnya rekayasa perangkat lunak lebih menekankan pada tahapan pengembangan sebuah perangkat lunak yang meliputi analisis, implementasi, desain, maintenance dan testing. Secara lebih luas rekayasa perangkat lunak berpacu pada pengembangan perangkat lunak itu sendiri namun tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan pada proses sebelumnya.

Ada dua model yang sering dipakai dalam pengembangan rekayasa perangkat lunak, yaitu model prototipe dan model water fall. Model prototipe merupakan model yang lebih disukai baik oleh pengguna ataupun pengembang. Selain itu ada juga model RAD, sequential linear, model format method, dan model formal yang sebelum diimplementasikan terlebih dahulu Anda harus menciptakan rancangan model dan diversifikasi dari kesalahan-kesalahan sehingga dikala implementasi sudah  bersih.

Keamanan Informasi dan Rekayasa Komputer

Keamanan informasi merupakan ilmu komputer yang mempelajari perihal analisa beserta implementasi dari keamanan sebuah sistem informasi termasuk di dalamnya kriptografi. Sedangkan rekayasa komputer merupakan ilmu yang mempelajari perihal desain, analisis, serta konstruksi dari sebuah perangkat keras komputer.

Computer Science merupakan istilah lain untuk ilmu komputer Hal-hal yang Dipelajari dalam Jurusan Ilmu Komputer

Cabang Ilmu Utama Informatika


Dasar Matematika

Dalam ilmu komputer, dasar matematika yang dipakai yaitu teori graf, matematika diskret, aljabar boolean, dasar matematika, teori informasi, peluang dan statistik, serta logika simbolik.

Teori Ilmu Komputer

Untuk teori ilmu komputer memakai teori informasi alogaritmik, kompilator yang terdiri dari analisis leksikal dan penguraian, kriptografi, sematik denotasional, teori komputasi yang terdiri dari analisis dan alogaritma serta kompleksitas dari sebuah problem, logika dan arti dari kegiatan serta bahasa formal dan logika matematika.

Perangkat Lunak

Untuk perangkat lunak memakai pemrograman komputer dan kegiatan komputer, yang berfokus pada spesifikasi program, pemrograman paralel dan verifikasi program. Selain itu ada juga teknik pemrograman, bahasa pemrograman, sistem operasi perangkat komputer, rekayasa perangkat lunak yang terdiri dari metrik perangkat lunak, optimisasi, metode pengembangan perangkat lunak serta tumpuan desain.

Organisasi Sistem Komputer

Dalam organisasi sistem komputer yang dipakai yaitu jaringan komputer, arsitektur komputer, komputasi terdistribusi, komputasi grid, kinerja dari sistem dan implementasi sistem komputer itu sendiri.

Data dan Sistem Informasi

Dalam sistem informasi meliputi representasi, struktur data, enkripsi data, format berkas, kompresi data, pengkodean dan teori informasi, sistem informasi berupa data mining, basis data, data warehouse, antarmuka dan presentasi informasi, penyimpanan dan pengambilan informasi.

Metodologi Komputasi

Dalam metodologi komputasi terdiri dari kecerdasan buatan, manipulasi aljabar dan simbolik, grafik komputer, pengenalan tumpuan suara, pengolahan gambaran dan visi komputer, simulasi pemodelan, pengolahan sinyal digital dan pengolahan dokumen berupa teks.

Aplikasi Komputer

Aplikasi komputer terdiri dari perangkat lunak matematika yang meliputi analisis numerik, aljabar komputer, dan pembuktian teori otomatis. Ilmu dan teknik fisika terdiri dari fisika komputasional dan kimia komputasional. Ilmu hayat medis terdiri dari biologi komputasional, informatika medika dan noinformatika.

Selain itu dalam aplikasi komputer masih meliputi seni, kemanusiaan, hiburan dalam bentuk permainan komputer, sosiologi, robotic, interaksi insan dan komputer yang berupa rekayasa ketepatgunaan dan sintesa suara.

Lingkungan Komputasi

Yang terakhir dari ilmu komputer mengenai cabang ilmu utama informatika yaitu lingkungan komputasinya. Lingkungan komputasi ini terdiri dari sejarah dan perhitungan, industri komputer, komputer dan pendidikan, komputer dan masyarakat, administrasi dari komputasi dan sistem informasi, aspek aturan dari komputer, komputer dan keamanan informasi serta personal komputer.

0 Response to "Hal-Hal Yang Dipelajari Dalam Jurusan Ilmu Komputer"

Post a Comment