-->

Tips Mengatasi Komputer Yang Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor

Tips Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor Tips Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor
Gambar : Freepik.com

Komputer telah menjadi kebutuhan pokok di zaman milenial ini. Banyak acara yang mengharuskan seseorang memakai komputer. Mulai dari mengetik, mengedit, menonton dan bahkan komputer dipakai juga untuk bermain game. Semua acara insan sehari-hari seperti bergantung dengan komputer. Hal ini benar saja, saya mencicipi sendiri bagaimana kalau sehari itu tanpa komputer. Yah mungkin masih ada smartphone, tetapi tetap saja tidak seenak ketika memakai komputer. Komputer mempunyai kelebihan, salah satunya ialah bisa bekerja selama 24 jam nonstop. Makanya para gamers banyak memakai komputer untuk bermain game, sebab mempunyai daya tahan yang lebih usang dibandingkan laptop biasa.

Pernahkah Anda mendapati komputer mengalami error atau bahkan rusak? Kalau saya sendiri sih sudah sering sekali. Saya mengenal komputer semenjak Sekolah Menengah kejuruan dan mulai mendalami semenjak Sekolah Menengah kejuruan juga. Saya menentukan mendalami dunia komputer sebab perkembangan teknologi dikala ini yang mengharuskan seseorang memahami perihal komputer. Prediksi saya, kedepannya perkembangan teknologi akan sangat pesat dan apa-apa akan dikerjakan dengan komputer. Disitulah peluang bagi seseorang yang jago dibidang komputer. Nantinya banyak perusahaan yang membutuhkan orang jago komputer. Tidak hanya satu perusahaan, tapi banyak perusahaan.

Problem yag sering saya alami ialah sistem error, tombol keyboard ada yang tidak berfungsi, tombol keyboard lengket, komputer restart sendiri dan komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor. Salah satu permasalahan tersebut akan kita bahas tuntas pada artikel ini. Kok bisa terjadi sih? Penyebabnya apa? Terus cara mengatasinya gimana? Berikut penjelasannya.

Penyebab Komputer tidak Tampil di Monitor

Ada beberapa penyebab mengenai problem ini. Menurut pengalaman saya penyebabnya ialah sebab kabel VGA yang tidak tidak terpasang dengan pas dan RAM yang tidak terpasang dengan benar atau longgar. Kedua hal ini yang biasanya mengakibatkan komputer tidak tampil di monitor. Untuk penyebab lainnya dan cara mengatasinya ada pada klarifikasi di bawah ini.

Cara Mengatasi Komputer tidak Tampil di Monitor

Laptop saya kok nyala, tapi anehnya tidak tampil di monitor. Pertanyaan ibarat inilah yang sering saya dapatkan. Intinya tetap damai dan jangan panik. Jangan terburu-buru untuk membawanya ke daerah servis komputer. Cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Cobalah lakukan hal-hal berikut ini supaya komputer tampil lagi di monitor.

Cek Kabel Monitor

Mungkin Anda lupa untuk mencolokkan kabel power monitor ke tegangan listrik. Mungkin Anda buru-buru, makanya lupa mencolokkan kabel power monitor. Jika kabel power monitor telah dicolokkan ke tegangangan listrik tetapi tampilan layar masih gelap, cobalah lakukan langkah selanjutnya di bawah ini.

Lepaskan Kabel Power Hard Disk

Bisa jadi sebab tegangan listik dari power supply ke hard disk tidak stabil. Makanya kabel power harus dilepas dulu. Namun berdasarkan pengalaman saya, mencabut kabel power hard disk tidak ada hubungannya dengan permasalahan ini.
Kabel power hard disk biarkan saja dalam keadaan di lepas. Hal ini dilakukan semoga hard disk tidak mengalami kerusakan sebab Anda akan menghidupkan dan mematikan komputer dengan suka-suka.


Cek RAM

Coba lepaskan RAM terlebih dahulu, lalu pasang lagi. Jika belum bisa juga, silahkan cabut RAM dan pasang pada slot yang lain. Atau Anda juga bisa mencoba memasang RAM komputer lain yang sejenis kalau ada. Bisa jadi RAM mengalami kerusakan.

Cek VGA

Coba lepaskan kabel VGA onboard dan lalu pasang lagi. Jika komputer Anda memakai VGA card, coba lepaskan dan pasang lagi. Jika tetap tidak mau. Berarti VGA mengalami kerusakan baik onboard maupun VGA card. Pilihannya ada 2 benerin VGA onboard satu paket dengan motherboard atau ganti VGA card saja.

Kembalikan Pengaturan Bios ke Default

Bisa jadi sebab settingan BIOS yang salah mengakibatkan monitor tidak menampilkan apa-apa alias gelap. Untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke default caranya ialah cabut CMOS dan pasang kembali.

Cek Processor

Processor ialah otak dari komputer. Jika processor mengalami masalah, maka kinerja sistem komputer akan terganggu dan bisa jadi inilah yang mengakibatkan tidak ada tampilan apapun di monitor. Ada baiknya juga untuk mengecek pasta pada processor. Apabila sudah kering, oleskan lagi semoga suhu pada processor tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk membersihkan kipas pendingin processor semoga performa processor tetap terjaga.

Semoga dengan melaksanakan salah satu cara di atas permasalahan pada komputer Anda sanggup teratasi.

Penyebab umum permasalahan ini ialah RAM yang longgar dan kabel VGA yang longgar. Namun ada kemungkinan juga VGA onboard rusak. Untuk problem ini biasa di atasi dengan memakai VGA card. Namun kalau VGA onboard dan VGA card sudah rusak, mau tidak mau harus memperbaiki VGA onboard yang sepaket dengan motherboard atau mengganti VGA card.

RAM yang longgar juga menjadi faktor penyebab problem ini. Biasanya sebab komputer terbanting atau mengalami guncangan. Perangkat komputer sangat sensitif terhadap guncangan. Maka dari itu sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Sekian artikel mengenai tips mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor. Semoga artikelnya bermanfaat dan sanggup menuntaskan permasalahan pada komputer teman-teman. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "Tips Mengatasi Komputer Yang Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor"

Post a Comment