-->

Tips Membangun Smart City Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi


Smart City yaitu sebuah konsep kota cerdas yang sanggup membantu masyarakat mengelola sumber daya yang sudah ada dengan efektif, effisien dan menunjukkan informasi yang sempurna kepada masyarakat atau forum dalam melaksanakan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tek terduga sebelumnya.

Berikut ini ada beberapa konsep smart city antara lain :

1. Sebuah  kota  berkinerja  baik  dengan  berpandangan  ke  dalam  ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, lingkungan hidup.

2. Sebuah  kota  yang  mengontrol  dan  mengintegrasi  semua  infrastruktur termasuk jalan, jembatan, terowongan, rel, kereta bawah tanah, bandara, pelabuhan,  komunikasi,  air,  listrik,  dan  pengelolaan  gedung. Dengan begitu  sanggup dengan cepat mengoptimalkan  sumber  daya  yang  dimilikinya  serta merencanakan  pencegahannya. Kegiatan  pemeliharaan  dan  keamanan dipercayakan kepada penduduknya.

3. Smart  City  dapat  menghubungkan  infrastuktur  fisik,  infrastruktur  IT, infrastruktur  social,  dan  bisnis  infrastruktur yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan kecerdasan kota.

4. Smart City membuat kota lebih efektif, efisien dan layak tinggal.
Pemakaian smart computing untuk membuat smart city dan fasilitasnya  meliputi  pendidikan,  kesehatan,  keselamatan  umum,  transportasi  yang  lebih cerdas, saling bekerjasama dan efisien.

TUJUAN PENERAPAN SMART CITY


Tujuan utama dari diadakannya smart city antara lain untuk membentuk suatu kota yang kondusif dan nyaman bagi warga serta untuk memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian. Sehingga sanggup dijelaskan bahwa tujuan pelaksanaan smart city sanggup dibagi menjadi 3 agenda utama, yaitu untuk menunjang kota di dalam dimensi sosial (keamanan), ekonomi (daya saing) dan lingkungan (kenyamanan) Atau lebih umum. Di kutip dari laman United Nation, bisa dikatakan bahwa tujuan smart city yaitu untuk membentuk kota yang Sustainable (ekonomi, sosial dan lingkungan).

FAKTOR – FACTOR YANG MEMPENGARUHI TERWUJUDNYA SMART CITY DI INDONESIA

1. Teknologi Informasi (IT)
Teknologi merupakan aspek yang paling penting untuk membangun smart city. Menurut wikipedia, teknologi yaitu alat yang dibutuhkan untuk membatu memperingan pekerjaan manusia. Teknologi merupakan solusi utama dari smart city, namun untuk membangun smart city tidak semata mata hanya dibutuhkan teknologi tetapi juga insan sebagai produsen dan konsumen. Generasi insan yang baik yaitu generasi yang sanggup memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin sehingga lebih banyak dampak positifnya bagi diri sendiri dan masyarakat lain daripada dampak negatif yang merugikan.

2. Gaya hidup (Lifestyle)

Gaya hidup (Lifestyle) yang baik yaitu bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya dan sanggup bermanfaat bagi orang lain. Dengan teknologi informasi kita bisa memanfaatkan internet (facebook contohnya) dan aplikasi/software untuk menunjang gaya hidup kita tanpa mengurangi cara kita bersosial (tidak individualis) di dunia nyata. Lifestyle tersebutlah yang disebut juga dengan daily activity yaitu kegiatan atau kebiasaan sehari hari yang dilakukan berulang variatif secara rutin. Pola hidup tersebut haruslah sanggup membangun smart city. Caranya? Ya dengan akomodasi IT yang sudah ada sebelumnya menyerupai Sosmed, akomodasi pesan chatting gratis, blog, dan lain sebagainya dengan tujuan utama membagikan informasi baru, berita, atau ilmu yang sudah ada semoga sanggup mencerdaskan kehidupan bangsa.

3. Rakyat (People)

SDM (Sumber Daya Manusia) sangatlah mempunyai tugas penting untuk membangun smart city yaitu generasi perjaka yang terpelajar, terdidik, dan terlatih yang diharapkan bisa memanfaatkan ataupun membuat teknologi gres yang mempunyai kegunaan untuk Rakyat lain. Bukan hanya cerdas ataupun pandai yang diharapkan disini, tetapi juga generasi yang sudah terlatih untuk menghadapi kurun teknologi sebenarnya. Character building juga dibutuhkan guna mengakibatkan generasi yang sehat nalar dan berakhlakul karimah sehingga agresi korupsi juga berkurang. Proses untuk mengakibatkan kaum terpelajar inilah yang juga memerlukan teknologi untuk pendamping proses berguru mengajar. Dalam hal ini Gamatechno juga telah menyediakan solusi untuk kaum terpelajar yang dikhususkan untuk jenjang akademi tinggi.

4. Pekerjaan (Job)

Pada dasarnya pekerjaan (Jobs) merupakan penting bagi insan untuk menghasilkan uang. Aspek pekerjaan ini, berkaitan dengan aspek kedua yaitu People (Rakyat). Ya, generasi yang terpelajar, terdidik, dan terlatih sanggup menempati posisi pekerjaan yang sepadan dengan kemampuan dan keterampilan mereka. Adapun yang berkemampuan IT yaitu sebagai produser membuat software, aplikasi, atau sebuah teknologi gres yang mempunyai kegunaan untuk membangun smart city. Adapun yang ada di bidang lain selain teknologi cukup sebagai pemakai dan memanfaatkan teknologi itu dengan sebaik baiknya sehingga sanggup memunculkan manfaat aktual bagi diri sendiri atau orang lain melalui pekerjaannya sesuai bidangnya tersebut. Smart City Indonesia


KOTA-KOTA SMART CITY DI INDONESIA

1. JAKARTA
2. BEKASI

3. BANDUNG
4. YOGYAKARTA
5. BALIKPAPAN
6. DENPASAR (BALI)
7. MAKASAR
8. SURABAYA

0 Response to "Tips Membangun Smart City Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi"

Post a Comment