-->

Membuat Segitiga Dalam Java Versi 1

Bingung mau coding apa lagi ??? Kali ini saya akan memperlihatkan sedikit coding untuk mengasah pemahaman kita perihal looping for dan juga perbedaan perintah tampil yaitu System.out.print() dengan System.out.println() . Mungkin codingan ini sudah banyak yang tahu , tapi akan saya coba membahasnya lebih rinci lagi semoga bagi yang belum paham sanggup gampang untuk memahaminya.


Gambar di atas sudah mewakili apa yang ingin saya buat . Ya benar , kini kita akan mencoba menciptakan sebuah bentuk dari segitiga siku-siku kiri . Ada beberapa cara untuk menciptakan tampilan menyerupai di atas dikala di run . Kalo secara mudahnya sanggup pribadi kita hanya tampilkan dengan perintah System.out.println() , tinggal kita susun saja menyerupai gambar di atas sudah jadi . Jika tingginya hanya 5 atau 10 sih tidak persoalan , tapi bayangkan bila kita mau tingginya 1000 ya pastinya akan menjadi coding yang panjang dan melelahkan .

Coding dengan looping akan sangat membantu daripada harus menulis satu per satu . Karena kita sudah mengetahui batasnya kita gunakan looping for , selengkapnya perihal looping for .

Saya tidak akan menciptakan code ini di main melainkan akan saya bungkus di dalam fungsi . Di bawah sudah saya sisipkan codingnya .
      public void segitigaSikuKiri(int tinggi){         for (int i = 0; i < tinggi; i++) {             // Cetak bintang             for (int j = 0; j <= i; j++) {                 System.out.print("*");             }             System.out.println("");         }     }  
Disini terdapat dua buah elemen yaitu baris dan kolom . Perhatikan di atas terdapat dua buah looping for , looping pertama di gunakan untuk baris (atas ke bawah ) kemudian looping kedua yang ada di dalam looping pertama dipakai sebagai kolom (kiri ke kanan).

Jalannya coding akan menyerupai ini , dikala looping for i = 0 maka akan di cek dengan kondisi kurang dari tinggi . Tingggi kita dapatkan dari inputan parameter . Jika memenuhi maka beliau masuk ke looping for j . Pada for j kita mulai dari j = 0 dengan batas j <= i , hal ini bertujuan semoga pada baris pertama beliau hanya menampilkan satu bintang dan akan bertambah satu bintang pada baris di bawah nya.Dalam for j , bintang akan tercetak dari kiri ke kanan tidak akan ke bawah alasannya yaitu kita menggunakan System.out.print(). Setelah mencetak bintang maka j++ dan mulai for j lagi dengan nilai j kini 1 , alasannya yaitu beliau melebihi batas maka for j berhenti dan akan di enter alasannya yaitu ada perintah System.out.println(). Kemudian for pada i akan di i++ menjadi i = 1 . Hal ini akan terus di lakukan selama for i belum mencapai batasnya .

Saya kira dari klarifikasi saya di atas sudah gampang . Untuk menampilkanya tinggal kita panggil di mainnya saja menyerupai di bawah .
      public static void main(String[] args) {         Segitiga segi3 = new Segitiga();         segi3.segitigaSikuKiri(5);     }  
Ini lah pembahasan kita kali ini , baca juga segitiga versi 2. Nantikan terus postingan saya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java.

Download coding bahan ini di bawah .

0 Response to "Membuat Segitiga Dalam Java Versi 1"

Post a Comment