-->

Coding Menciptakan Mekanisme Dalam Bahasa Java


Kali ini kita akan membahas wacana Method dalam bahasa pemrograman java .
 Kali ini kita akan membahas wacana Method dalam bahasa pemrograman java  Coding Membuat Prosedur Dalam Bahasa Java
Nah apa sih method itu ??

Method kalo berdasarkan aku sediri yakni penerapan dari prinsip modularitas dari java sendiri .  Method dalam java di bagi menjadi 2 yaitu Prosedur dan Fungsi . Kali ini kita akan membahas yang mekanisme .

Apa itu mekanisme ???

Prosedur sendiri pengertiannya yakni sebuah method yang tidak mengembalikan nilai kembali atau tidak ada perintah return . Prosedur di buat dengan di awali kata void , codenya ibarat di bawah ini.
      public void tampilAngka(){         System.out.println("Angka = 10");     }  
Untuk kata kunci public yakni pinjaman hak susukan , jikalau kawan-kawan sudah menggerti konsep PBO (Pemrograman Berbasis Object) mungkin kawan-kawan sudah tidak ajaib lagi tapi yang belum mengerti , gampangnya kalo public itu mekanisme kita nanti sanggup di susukan atau di gunakan dalam semua kelas .

Kemudian Prosedur sendiri sebetulnya masih di bagi lagi menjadi 2 yaitu mekanisme tanpa parameter dan mekanisme dengan parameter . Untuk rujukan yang di atas merupakan mekanisme tanpa parameter . Untuk yang dengan parameter ibarat dibawah ini .
      public void tampilAngka(int angka){         System.out.println("Angka = " + angka);     }  
Makara parameternya kita taruh di dalam tanda kurung  , parameter harus di awali denggan tipe datanya . Kita sanggup memperlihatkan lebih dari satu parameter dan denggan tipe data yang berbeda .

Bagaimana cara pemanggilan mekanisme ???

Kemudian sesudah kita menciptakan mekanisme , kini kita akan memanggil mekanisme yang sudah kita buat . Untuk memanggilnya kita pertama harus menciptakan objek gres dari kelas yang di dalamnya ada mekanisme kita . Contoh codenya ibarat dibawah ini .
  Prosedur p = new Prosedur();  
Kawan-kawan buat saja ibarat code di atas , untuk kata kunci Prosedur di sesuaikan dengan nama kelas kawan-kawan lalu untuk kata p sanggup di ganti terserah kawan-kawan . Ada cara lain pemanggilannya tanpa harus menciptakan code ibarat di atas . Caranya cukup menambahkan kata static di awal mekanisme ( sebelum identifier ) . Untuk rujukan codenya ibarat di bawah ini .
      static public void tampilAngkaStatic(int angka){         System.out.println("Angka = " + angka);     }  
Setelah kita buat ibarat itu kita panggil prosedurnya ibarat code berikut .
      public static void main(String[] args) {         Scanner input = new Scanner(System.in);         Prosedur p = new Prosedur();                  System.out.println("PROSEDUR TANPA PARAMETER");         p.tampilAngka();         System.out.println("");         try {             System.out.println("PROSEDUR DENGAN PARAMETER");             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             p.tampilAngka(angka);             System.out.println("");             System.out.println("PROSEDUR DENGAN KATA KUNCI STATIC");             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka2 = input.nextInt();             tampilAngkaStatic(angka2);            } catch (Exception e) {             System.out.println("Terjadi error !!!");             System.out.println("Masalah = " + e.getMessage());         }     }  

Diatas aku memakai penangkapan eksepsi yang gunanya untuk menangani jikalau terjadi error dalam run coding . Selengkapnya wacana penangkapan eksepsi silahkan baca disini .

Itulah yang kita sebut dengan prosedur java , ada lagi method yang lainya yaitu fungsi . Baca juga wacana coding fungsi dalam java . Sekian dulu postingan ini dan terus nantikan tutorial java lainnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu wacana java .

Download coding bahan ini di bawah .

DOWNLOAD

0 Response to "Coding Menciptakan Mekanisme Dalam Bahasa Java"

Post a Comment