-->

Cara Install Apache Web Server Pada Debian Server

Setelah sebelumnya kita bahas wacana  Instalasi Sistem Operasi Linux Debian dan melaksanakan Konfigurasi Alamat IP untuk komputer server dan client biar sanggup saling terhubung, kini yang kita bahas yaitu cara menambahkan service pada Debian Server. Service yang akan kita instal untuk kali ini yaitu Web Server dengan aplikasinya yang disebut Apache Web Server. Untuk menginstal apache web server ini sangat mudah. Nah, eksklusif saja kita mulai instalasinya.

1. Nyalakan PC yang sudah terinstal Debian Server dan sudah terkonfigurasi alamat IPnya. Kemudian, masukkan DVD 1 ke komputer Debian Server. Jika sudah, ketikkan “apt-get install apache2” menyerupai gambar dibawah untuk menginstal web server dengan aplikasi apache.

(Jika gambar kurang jelas, silahkan klik gambar untuk melihat lebih jelas)


Jika DVD sudah dimasukkan dan sudah mengetikan perintah menyerupai yang ada pada gambar tadi,  tekan “enter” untuk mulai menginstal Web Servernya.

Gambar dibawah ini yaitu tanda bahwa proses instalasi apache web server telah mulai berjalan.

2. Setelah proses instalasi Apache web server selesai, kita sanggup mengubah isi dari web server kita. Untuk mengubah isinya, ketikkan perintah “nano /var/www/index.html”. Lalu kita akan masuk pada bab file html dari web server, disitu kita sanggup mengubah tampilan isi sesuka hati kita. Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini. 


3. Kemudian sehabis mengubah tampilan isi dari web server, ktia harus merestart Apache biar perubahan tampilannya terpasang dengan baik. Untuk merestart Apache, kita cukup mengetikan perintah “service apache2 restart” kemudian tekan “enter” dan Apache akan merestart. Setelah restart, maka akan muncul menyerupai ini tanda bahwa Apache berhasil direstart.


4. Jika sudah direstart, maka langkah terakhir yang dilakukan yaitu pengujian pada Apache web server yang kita instal tadi. Caranya, buka web browser dari komputer client. Lalu untuk URL, masukkan alamat IP dari komputer server yang teman buat sebelumnya. Sebagai contoh, lihat gambar ini.

Tested by VirtualBox

Nah,kurang lebihnya itulah cara gampang install apache di debian server. Semoga artikel diatas bermanfaat dan sanggup membantu teman semua. Terimakasih

0 Response to "Cara Install Apache Web Server Pada Debian Server"

Post a Comment