-->

Pengertian Dan Fungsi Dari Dhcp (Dynamic Host Configuration Protocol)

Dalam pembagian IP ada yang static dan ada juga yang DCHP. Lalu tahukah kalian dari Pengertian DHCP itu Dan Apa Fungsi DHCP? Dynamic Host Configuration Protocol atau yang di sebut dengan DHCP ialah Protokol client-server yang dipakai untuk membagikan IP atau menawarkan IP address pada setiap komputer atau perangkat jaringan lainnya secara otomatis. 

Dalam pembagian IP ada yang static dan ada juga yang DCHP Pengertian Dan Fungsi Dari DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) ialah untuk mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap komputer client yang ingin terhubung dengan jaringan komputer dan menawarkan fasilitas bagi seorang network direktur dalam mengelola jaringan komputer.

Kenapa banyak yang memakai DHCP? Alasannya alasannya ialah gampang dalam derma alamat IP kepada komputer client atau alat jaringan lainnya, walaupun dalam jumlah yang banyak dengan cara otomatis. Dengan memakai DHCP kita tidak perlu lagi cape cape men-setting IP komputer client satu satu.

DHCP sangat menguntungkan terutama untuk seorang network engineer, alasannya ialah dengan adanya DHCP tidak perlu lagi menawarkan alamat IP pada komputer komputer yang ingin terhubung jaringan. Kalau untuk 5 - 10 Komputer tidak duduk masalah kita setting IP komputer secara manual bagaimana jikalau kalau ada ratusan komputer atau bahkan sanggup hingga ribuan? Yakin masih ingin setting IP sendiri dengan segitu banyaknya komputer? tentunya tidak kan :D.

Keuntungan jikalau kita memakai DHCP

Saya akan sebutkan apa saja manfaatnya jikalau kita memakai DHCP. manfaatnya antara lain ialah :
  1. Dengan memakai DHCP kita tidak perlu lagi menawarkan atau membagikan alamat IP kepada komputer client satu per satu.
  2. Mencegah terjadinya IP conflict yang sering terjadi pada suatu jaringan.
  3. Komputer yang ingin terhubung jaringan sanggup memakai alamat IP yang tidak di pakai oleh komputer client lain.
  4. Dengan memakai layanan DHCP, komputer client yang terhubung ke jaringan sanggup memakai alamat IP dalam jangka waktu tertentu tergantung dari derma server.

Itulah sedikit klarifikasi perihal pengertian dan fungsi DHCP Semoga sanggup membantu dan sanggup bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya.

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Dari Dhcp (Dynamic Host Configuration Protocol)"

Post a Comment