-->

Faktor Penyebab Hard Disk Cepat Rusak

Hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang kiprahnya sangat penting. Mengapa dibilang penting? Karena semua data-data penting kau akan tersimpan pada hard disk. Jika tiba-tiba hard disk mengalami kerusakan, niscaya yang pertama dipikirkan yaitu bagaimana dengan datanya apa sanggup diselamatkan atau di backup ke hard disk lain? Tenang saja, bila hard disk mengalami kerusakan dan tidak sanggup terbaca lagi di komputer, data-datanya tetap aman. Hanya saja untuk melaksanakan backup data-datanya akan membutuhkan biaya yang besar, tergantung kerusakannya juga sih.

Mau membuatkan pengalaman aja nih. Saya memiliki hard disk brand WD 750GB yang tidak sanggup terbaca lagi di laptop. Akhirnya saya tetapkan untuk membawa hard disk ini ke daerah service hard disk yang terpercaya di Yogyakarta. Ternyata kerusakan terjadi pada head hard disk. Teknisinya menyampaikan seluruh data sanggup dikembalikan atau dibackup. Kaprikornus saya diminta untuk menyiapkan hard disk eksternal untuk dijadikan sebagai hard disk backup. Kemudian saya diminta untuk membayar biaya sebesar 1,5 juta dan bila backup gagal maka uang akan dikembalikan. Betapa mahalnya biaya backup data hard disk itu, oleh sebab itu jangan hingga hal ini terjadi pada teman-teman semuanya.

Kegunaan hard disk yaitu sebagai daerah penyimpanan file-file atau data pada komputer. Tanpa hard disk, sebuah komputer tidak sanggup bekerja. Hard disk juga menghipnotis performa komputer dan laptop. Jika komputer kau lemot, maka salah satu yang perlu dicurigai yaitu hard disk. Tapi tidak selamanya hard disk yang salah bila komputer lemot. Bisa jadi sebab virus, sebab ukuran RAM yang kecil, file sampah yang menumpuk dan lainnya.

Hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang kiprahnya sangat penting Faktor Penyebab Hard Disk Cepat Rusak

Faktor Penyebab Hard Disk Cepat Rusak


Sering melaksanakan install ulang
Sering melaksanakan install ulang komputer sanggup menimbulkan hard disk menjadi cepat rusak. Biasanya hard disk akan mengalami bad sector bila terlalu sering di install ulang. Ketika menginstal ulang, otomatis kita akan melaksanakan format pada hard disk. Nah, inilah bekerjsama yang menimbulkan hard disk menjadi cepat rusak. Melakukan format secara terus menerus akan menawarkan dampak yang jelek terhadap hard disk. Begitu juga dengan flash disk, sebaiknya jangan terlalu sering di format. Sebenarnya untuk menghapus seluruh data-data pada hard disk dan flashdisk cukup dengan menekan tombol Shift + Del, maka otomatis data akan terhapus secara permanen.

Install ulang tidak dianjurkan dilakukan secara terus menerus. Untuk lebih jelasnya baca pada artikel inilah yang akan terjadi bila Komputer terlalu sering di install ulang.

Listrik yang tidak normal
Listrik yang tidak stabil sanggup menimbulkan terjadinya bad sector pada hard disk. Untuk menghindari hal ini, sanggup dengan memakai stabilizer (Stavol) sebagai alat untuk mengatur tegangan listrik biar listrik yang diterima komputer tetap stabil. Listrik yang mati tiba-tiba akan menimbulkan hard disk menjadi cepat rusak. Hal ini sanggup diatasi dengan memakai UPS. Dengan memakai UPS, ketika listrik padam maka komputer tidak akan eksklusif mati sebab UPS menyimpan daya listrik. Dengan begitu kau memiliki waktu untuk mematikan komputer secara normal.

Hard disk dimatikan secara paksa
Mematikan komputer atau laptop secara paksa itu sama saja memaksa hard disk untuk berhenti bekerja. Ketika piringan pada hard disk sedang bekerja dan seketika hard disk mati, maka hal ini sanggup menimbulkan hard disk menjadi cepat rusak. Contoh mematikan komputer secara paksa yaitu dengan menekan tombol power hingga komputer mati. Contoh lainnya yaitu mencabut kabel dari power supply yang terhubung dengan listrik ketika komputer sedang menyala. Sebaiknya jangan pernah lakukan hal ini, matikanlah komputer dengan mengikuti mekanisme yang benar. Caranya yaitu dengan mencari tombol Shut Down yang telah disediakan oleh sistem operasi. Biasanya proses shut down ini akan berjalan agak lama, tapi itu bukanlah masalah. Prosesnya usang sebab komputer akan menghentikan seluruh perangkat komputer yang sedang bekerja termasuk salah satunya hard disk.

Penggunaan yang berlebihan
Penggunakan komputer atau laptop secara berlebihan sanggup berdampak jelek terhadap perangkat-perangkat lainnya. Seperti halnya dengan hard disk, bila dipakai secara berlebihan maka sanggup menimbulkan kerusakan. Bermain game, memutar video, mendengarkan musik, serta online dalam waktu yang usang akan menimbulkan bertambahnya perfoma yang diharapkan harddisk. Jika hal ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddisk tersebut akan melemah dan rusak.

Benturan
Faktor lain yang menimbulkan hard disk cepat rusak yaitu sebab terjadi benturan. Benturan dan guncangan yang keras terhadap hard disk sanggup saja menimbulkan hard disk rusak pada ketika itu juga. Oleh sebab itu, kau harus lebih berhati-hati melaksanakan sesuatu yang bekerjasama dengan hard disk. Ketika membawa laptop dalam tas juga lebih berhati-hati sebab sanggup saja menimbulkan benturan yang tidak disadari.

Over Heat
Hard disk merupakan salah satu perangkat keras yang gampang panas. Ditambah lagi bila komputer atau laptop dipakai seharian full tanpa dimatikan sejenak untuk mengistirahatkan komputer. Jangan biarkan hard disk bekerja secara terus menerus, berikan istirahat untuk menghentikan aktifitas piringan hard disk biar tidak terjadi over heat juga. Walaupun efeknya tidak dirasakan dalam waktu yang dekat, tetapi percayalah usang kelamaan hard disk akan rusak dan tinggal menunggu waktunya saja bila hard disk masih bekerja selama 24 jam sehari.

Solusi yang sanggup kau lakukan yaitu dengan memasang kipas pendingin pada komputer dan memakai cooling pad pada laptop. Jika panas berlebihan (Over heat) dibiarkan secara terus menerus, maka sanggup menimbulkan hard disk menjadi cepat rusak dan bahkan komputer akan mati total.

Faktor usia
Usia memang tidak sanggup dipungkiri lagi. Meskipun kita telah merawat hard disk dengan baik, sebab faktor usia ini kita tidak sanggup berbuat apa-apa. Namanya juga perangkat elektronik, semakin sering dipakai maka akan melemah. Tetapi kita sanggup mencegah hard disk cepat rusak dengan melaksanakan perawatan dan menggunakannya dengan baik. Solusi terhadap faktor usia yaitu dengan rutin melaksanakan backup data ke hard disk eksternal.

Itulah beberapa faktor yang sanggup menimbulkan hard disk menjadi cepat rusak. Jika ada aksesori silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

0 Response to "Faktor Penyebab Hard Disk Cepat Rusak"

Post a Comment