-->

Cara Mengatasi Komputer Lambat

 Komputer yang lambat atau lemot tentunya sangat mengganggu kegiatan kita yang tergantung  Cara Mengatasi Komputer Lambat
Komputer yang lambat atau lemot tentunya sangat mengganggu kegiatan kita yang tergantung kepada komputer, menyerupai pekerjaan, sekolah, dan lain-lain. Masalah komputer lemot sudah banyak terjadi di potongan dunia, termasuk di Indonesia, tetapi yang sering terkena duduk kasus komputer lemot biasanya laptop dan notebook.

Masalah komputer lambat pun niscaya ada penyebabnya, mungkin lantaran perawatan yang tidak baik atau lantaran software yang diinstall di dalamnya.

Perhatikan tips di bawah ini.

Matikan beberapa service pada Windows

Banyak service yang berjalan pada dikala Windows dinyalakan. Namun tidak semua service berkhasiat bagi kita. Ada beberapa service yang tidak berguna, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Cara yang diharapkan yaitu mematikan beberapa service yang dirasa tidak berkhasiat itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Buka run, kemudian ketikkan msconfig, kemudian Enter
  • Masuk ke tab Services, kemudian hilangkan centang pada service yang dirasa tidak berkhasiat menyerupai di bawah ini.
Application Experience
Computer Browser (Jika komputer anda tidak disambungkan dengan internet)
Desktop Window Manager Session Manager (Jika tidak mahu guna Aero theme)
Diagnostic Policy Service
Distributed Link Tracking Client
IP Helper
Offline Files
Portable Device Enumerator Service
Print Spooler (Jika anda tidak memakai Printer)
Protected Storage
Remote Registry (Sentiasa dimatikan untuk tujuan keselamatan dari hacker)
Secondary Logon
Tablet PC Input Service
TCP/IP NetBIOS Helper
Themes ( Jika anda guna theme classic)
Windows Error Reporting Service
Windows Media Center Service Launcher
Windows Time (Jika anda tidak mau update sistem tray masa jam yang berkait dengan internet)
  • Lalu klik OK, jikalau diminta restart, restart saja.

Menghapus file sampah dengan Disk Cleanup

 Komputer yang lambat atau lemot tentunya sangat mengganggu kegiatan kita yang tergantung  Cara Mengatasi Komputer Lambat
File sampah juga sanggup memperlambat kinerja PC kita, lantaran memenuhi harddisk dan proses load akan lebih lambat daripada biasanya. Kita harus membersihkan file-file sampah tersebut, ada salah satu tools windows yang sanggup membersihkan file-file sampah itu yaitu Disk Cleanup. Untuk membukanya klik kanan pada salah satu disk, kemudian klik properties, kemudian pilih Disk Cleanup pada tab general menyerupai pada gambar.

Defragmentasi harddisk

 Komputer yang lambat atau lemot tentunya sangat mengganggu kegiatan kita yang tergantung  Cara Mengatasi Komputer Lambat
Fragmentasi pada harddisk juga mengakibatkan komputer menjadi lambat. Bayangkan saja jikalau dalam satu ruangan dan ada banyak buku yang berserakan di lantai, dan anda sedang mencari salah satu buku dari kebanyakan buku yang berada di situ, apakah anda sanggup mencarinya dengan sekali kejapan. Tentu saja akan memakan waktu yang sangat usang untuk mencari buku tersebut, itulah yang disebut dengan fragmentasi yaitu beracak-acakan. Untuk mengatasinya kita memerlukan defragmentasi yaitu mengurutkan semuanya sehingga proses akan berjalan lebih cepat.

Untuk melaksanakan defragmentasi kita hanya memerlukan tools bawaan windows, cara membukanya: buka my computer, kemudian klik kanan pada salah satu disk yang mau didefrag, pilih properties, masuk ke tab tools, pilih Optimize, menyerupai pada gambar. Defragmentasi ini bergotong-royong harus dilakukan rutin, minimal sebulan sekali biar komputer tidak berjalan lambat.

Meminimalkan visual effects pada Windows

Visual effects yaitu yang menciptakan komputer anda menjadi semakin lebih manis dan lezat untuk dilihat. Jika saja anda spesifikasi komputer anda rendah maka anda sanggup meminimalkan visual effects pada komputer anda sehingga akan menjadi lebih lancar.
  • Klik kanan pada My Computer, kemudian pilih properties.
  • Pada window System properties, lihat ke kanan dan pilih Advanced system settings.
  • Lalu akan muncul window baru, klik pada tab Advanced, kemudian klik Visual Effects pada performance options.
  • Lalu pilih pada Adjust for best performance, atau anda sanggup menghilangkan semua centang dengan manual kemudian klik OK.
Uninstall kegiatan yang tidak penting

Jika saja anda mempunyai kegiatan yang jarang digunakan sebaiknya uninstall saja aplikasi tersebut, lantaran aplikasi tersebut hanya menjadi sampah dan hanya melambat-lambatkan PC. Anda sanggup menguninstallnya lewat control panel, kemudian cari Uninstall pada tab pencarian.

Bersihkan komputer dari virus

Jika saja komputer anda tidak mempunyai antivirus dan anda merasa komputer anda menjadi lambat, mungkin ada virus yang bertempat di komputer anda. Virus sanggup mengakibatkan komputer anda menjadi lambat dan sanggup mengakibatkan kerusakan pada sistem. Dalam beberapa kasus virus sanggup mencuri data anda, password, dan tentunya mengganggu anda. Karena itu anda harus membersihkan komputer dari virus, untuk membersihkannya anda memerlukan sebuah antivirus. Baca juga Antivirus Terbaik 2015 Untuk Windows.

Memperbaiki dan membersihkan registry

Registry error biasanya sanggup memperlambat PC. Biasanya disebabkan lantaran proses uninstall kegiatan yang tidak benar yaitu dengan hanya menghapus folder programnya saja. Anda sanggup membersihkannya dengan tools yang sanggup anda download di internet. Misalnya CCleaner, AVG PC Tuneup, dan masih banyak lainnya.

Demikian yang sanggup saya tulis perihal cara mengatasi komputer lambat, jikalau anda ingin bertanya sanggup ditanyakan di kotak komentar di bawah post ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer Lambat"

Post a Comment